Dorong IKM Tingkatkan Produk SNI

Palembang, LamanQu.com – Dinas Perindustrian Kota Palembang terus mendorong pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) untuk meningkatkan produk berstandar SNI.

Hal ini disampaikan Plt Kepala Dinas Perindustrian Kota Palembang, Raimon, usai acara kegiatan perluasan penerapan Standar Nasional Indonesia (SNI) Untuk mendorong daya saing industri manufaktur di Gedung Atyasa Convention center, Rabu (10/7/2019)

Raimon mengatakan, pihaknya berencana akan membangun galeri industri kreatif di Gedung Jacobson. Tujuannya untuk menampung usaha kecil menengah yang begitu banyak di Kota Palembang.

Menurutnya, dengan majunya teknologi yang sangat besar melalui persaingan bisnis yang begitu global. Hal ini bisa berguna untuk perluasan Penerapan SNI

“Standarisasi ini sangat penting agar dapat bersaing secara global di kanca nasional maupun internasional,” bebernya.

Sementara itu, Peneliti Balai Riset dan Standarisasi Industri Palembang, Dr Nasaruddin menjelaskan, untuk menghasilkan inovasi teknologi yang bisa meningkatkan bahan baku menjadi daya saing tinggi.

” Kita harus bersinergi dengan para stakeholder, baik lembaga pemerintahan, penelitian maupun perguruan tinggi,” ucapnya

Dia menuturkan, pemerintah dalam hal ini Dinas perindustrian bisa membina IKM agar industri bisa eksis melalui suatu pelatihan supaya menciptakan produk unggul dengan bekerjasama pihak Litbang dalam segi penelitian.

“Dengan kolaborasi bisa meningkatkan daya saing dalam sebuah produk. Jangan kita jadi penonton dikarenakan produk asing masuk ke Indonesia,” pungkasnya. (Yanti)