Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyah Jatuh Pada Hari Rabu

Palembang, LamanQu.com – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melakukan kegiatan pemantauan hilal atau rukyatul hilal dalam rangka penetapan hari raya 1440 H. Kakanwil Kemenag Sumsel HM. Alfajri Zabidi bersama ormas non-pemerintah memantau hilal di atas Gedung Hotel Aryaduta Palembang, senin pada pukul 17.30 Wib (3/6) sore.

Kakanwil Kemenag Sunsel, HM. Alfajri Zabidi sedang memantau hilal, menentukan Hari Raya Idul Fitri 1440 H

Kakanwil Kemenag Sumsel, HM. Alfajri Zabidi menuturkan, hilal untuk wilayah sumsel khususnya di Palembang belum terlihat, masih tertutup awan. Hasil rukyatul hilal ini akan disampaikan kepada Kemenag RI melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah guna menjadi bahan pada sidang isbat di Jakarta.

“Berdasarkan pemantauan yang baru saja dilakukan di sumatera selatan khususnya Palembang, kedudukan hilal masih belum nampak. Jangankan satu derajat, di nol derajat saja hilal belum terlihat.” Ungkap Alfajri.

Hasil rukyatul hilal ini akan disampaikan kepada Kemenag RI melalui Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah guna menjadi bahan sidang isbat di pusat (Jakarta) guna menentukan hari raya 1440 H.

“Hari rabu kita sudah masuk 1 Syawal, dan malam ini terakhir melakukan sholat tarawih. Kesepakatan menetukan hari raya 1440 H akan dimusyawarahkan oleh Kemenag pusat. Diharapkan, masyarakat sumsel harus menjaga suasana kondusif pasca penetapan hari raya 1440 H yang akan disidangkan oleh Kemenag pusat.” Tegas pria yang menahkodai kanwil Kemenag Sumsel tersebut. (As Dani)