BPJS Kesehatan Cabang Palembang Resmikan Bank Sampah

Palembang, LamanQu.com – BPJS kesehatan cabang Palembang melakukan peresmian bank sampah, Jum’at (03/05/2019). Peresmian secara simbolis dilakukan oleh kepala BPJS kesehatan cabang Palembang Andi Ashar.

Kegiatan peresmian juga dihadiri teman-teman dari IGoGreen, pegawai dan pihak-pihak yang terlibat dalam bank sampah BPJS kesehatan cabang Palembang.

“Peresmian Bank Sampah bertujuan sebagai informasi bahwa BPJS kesehatan kantor cabang Palembang terhadap lingkungan sekitar melalui pengelolaan sampah, semua pegawai kita wajibkan untuk menyetorkan sampah yang dapat didaur ulang,” kata Andi

Sebelumnya, BPJS Kesehatan Cabang Palembang juga telah melakukan inisiasi program Geduri “Gerakan Dua Ribu Perhari”. Program Geduri ini, merupakan program yang melibatkan partisipasi seluruh Duta BPJS kesehatan, khususnya BPJS kesehatan cabang Palembang yang bertujuan mewujudkan kepedulian kepada masyarakat di lingkungan melalui kegiatan menabung sebesar dua ribu perhari untuk peserra JKN-KIS,” jelas Andi.

Melalui Gerakan Dua Ribu Perhari “Geduri” duta BPJS kesehatan cabang Palembang bertekad,” menantu sesama dengan cara gotong royong mengumpulkan iuran setiap hari yang dilakukan. Tanpa adanya paksaan dari pihak manapun,” tambahnya

Program JKN yang berdasar prinsip gotong royong didalamnya, dalam kenyataannya telah banyak membantu masyarakat. Banyak warga yang tergolong dengan adanya program ini. Testimoni Penguna layanan JKN-KIS pun semakin banyak, hal ini menjadi bukti nyata bahwa program jaminan kesehatan nasional ini benar-benar bermanfaat. BPJS kesehatan cabang Palembang, telah melakukan berbagai cara untuk keberlangsungan program JKN-KIS ini, diantara cara-cara tersebut adalah dengan Geduri dan Bank Sampah.

Cakupan peserta BPJS kesehatan cabang Palembang, sampai dengan 02 April 2019 sebanyak 3.293.777 jiwa dari jumlah penduduk wilayah Palembang atau sebanyak 80,54 persen jiwa total penduduk wilayah kerja cabang Palembang, dengan rincian sebagai berikut cakupan kota Palembang sebanyak 1.398.294 jiwa atau sekitar 88,41 persen jiwa dari total penduduk, cakupan kabupaten OKI sebanyak 485.955 jiwa atau sekitar 67 persen jiwa dari total penduduk, cakupan kabupaten OKI sebanyak 294. 773 jiwa atau sekitar 72 persen jiwa dari total penduduk, cakupan kabupatenBanyuasin 566.197 jiwa sekitar 70 persen jiwa dari total penduduk, dan untuk Kabupaten Musi Banyuasin merupakan kabupaten di wilayah kerja BPJS kesehatan cabang Palembang yang cakupan pesertanya sudah mencapai 548. 588 jiwa atau sekitar 97,21 persen dari jumlah penduduk dan sudah mendapat penghargaan universal health coverage (cakupan kesehatan semesta). (Yanti)