Kejurnas Grasstrack PTBA Diikuti Peserta Luar Daerah

Tanjung Enim, LamanQu.com – Kedua kalinya PT Bukit Asam (PTBA) menggelar Kejuaraan Grass Track tingkat nasional di Sirkuit Tanjung Enim Sabtu-Minggu (16-17 Maret) kemarin. Kali ini digelar dalam rangkaian HUT PTBA ke 38 tahun, dan peserta selain dari Sumatera Selatan diikuti juga dari daerah lain, seperti Kota Palembang, Jambi, Lampung, dan Riau.

Kelas dilombakan meliputi, bebek standar 4L 110 cc pemula, 125 cc pemula, kelas bebek modifikasi 1L 110 cc junior, 125 cc junior, kelas bebek modifikasi 4L 110 cc senior, modifikasi 4 L 125 cc senior, kelas motor Sport trail 2L 155 cc/ 4L senior, dan 2L 155 cc/4L 250 cc senior. Kemudian kelas suporting open lokal bebek standar 2L 116 cc OMR open FFA 2L 115 cc/4L 250 cc, bebek modifikasi 2L 116cc/4L 125cc Junior Sumsel, FFA 2L 155cc/4L 250cc Junior Sumsel, FFA 2L155cc/4L 250cc Lokal Muara Enim, Prabumulih, Pali. FFA 2L 155cc/4L 250cc Lokal Muara Enim, Bebek Standar 2L 116cc/4L125cc Lokal Muara Enim, FFA (Adventure Non Pembalap) Lokal muara Enim, dan Moticross 65cc ( usia 8 – 12 tahun).

Direktur SDM dan Umum PT Bukit Asam, Joko Pramono, mengatakan bahwa kejuaraan nasional Grass Track di Tanjung Enim digelar PTBA dalam rangka memunculkan Grassers lokal berkiprah di tingkat nasional dan diharapkan hingga internasional. Selanjutnya, dengan fasilitas sirkuit yang dibangun perusahaan ini dapat dimanfaatkan oleh masyatakat dalam rangka pembinaan dan latihan rutin.

“Kejurnas kali ini ada untuk anak-anak sebagai pemicu semangat mencari bibit atlet grasstrack dan motor cross di Muara Enim. Kita harapkan nantinya ada bisa berkiprah di tingkat nasional dan internasional,”jelas Joko.

Sementara itu, bupati Muara Enim melalui Camat Lawang Kidul, Drs Rahmad Noviar MSi mengapresiasi bahwa penyelenggaraan Grasstrack kali ini mendapatkan perhatian peserta dari luar daerah. Seperti dari Palembang, Pali, Prabumulih, Lahat, Jambi, Lampung, dan Provinsi Riau.

Dia berharap, selain menyalurkan bakat melalui even ini juga sebagai sarana untuk mempromosikan pariwisata di Kabupaten Muara Enim. Dalam rangka menyongsong Muara Enim kota Wisata, menyelelaraskan program bupati MERAKYAT, Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera.

“Ajang kejurnas Grasstrack ini sebagai ajang promosi wisata mendukung Tanjung Enim Kota Wisata. Mencari bibit pembalap daerah yang tangguh menghadapi Poporove akan datang di Prabumulih,”kata Rahmad. (eko)