Satu-satunya Di Sumatera, Herman Deru Resmikan RS Hewan Sumsel 

Palembang, LamanQu.com – Gubernur Sumsel Herman Deru meresmikan Rumah Sakit Hewan Provinsi Sumsel, Kamis (14/3/2019). RS Hewan ini adalah yang pertama di Sumatera.

Herman Deru mengatakan, Rs ini jangan berkutat dengan APBD dan APDN. Karena dunia internasional, ada yang peduli ini.

“Bagi pecinta kucing, anjing, kelinci, terwalo, marmut. Saya himbau masyarakat yang cinta hewan, untuk hewan tertentu yang dilindungi UU. Laporkan ke lembaga yang berwajib,” ujarnya.

“Saya bangga dengan bangunan ini. Tapi saya lebih bangga, jika untuk pelayanan hewan. Kedepan, jangan sungkan bekerjasama dengan masyarakat. Karena banyak yang cinta dengan hewan. Bank Sumsel saya minta ini dipromosikan,” tambahnya.

Kadis Ketahanan Pangan dan Peternakan
Taufik Gunawan mengatakan, RS Hewan banyak keunnggulan. Kita satu satunya di Sumatera. RS Hewan Sumsel sangat strategis karena berada di Palembang.

“Di Sumsel ada 8 dokter hewan. Dari 8 orang ini ada 2 yang pensiun. Untuk dokter yang bertugas disini 4 orang. Tidak mudah mendapatkan tenaga medis ini. Karena terbatasan tenaga. Di Riau dan Aceh, ada program studi dokter hewan,” bebernya.

Taufik menambahkan, disini bisa operasi mayor dan minor. Selain itu, bisa USG. “Untuk operasi lengkap bisa dilakukan. Ini baru buka, kita akan terus evaluasi berdasarkan jumlah pasien,” ucapnya.

“Untuk kondisi tertentu kita bisa datang kerumah. Apalagi hewan yang besar, tidak mungkin dibawa kesini. Untuk operasional kita buka jam kerja, untuk pelayanan umum. Selain itu, kita ada rawat inap,” pungkasnya. (Yanti)