Atasi Sampah Liar, Dinas Lingkungan Hidup KBB Sediakan Bak Sampah

Bandung Barat, LamanQu.com – Sampah liar masih ditemukan di Jln Kolonel Masturi Rw 07 Desa Cikahuripan Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, kamis (14/3/19). Keberadaan sampah liar itu berada sudah sangat lama.

Meski demikian Dinas lingkungan hidup KBB, terus berbenah dan mencari solusi untuk mamengatasi persoalan sampah yang berada di kawasan KBB.

Tuti Mulyani Sekdes Desa Cikahuripan kepada media menjelaskan bahwa sampah tersebut bukan sampah yang di kelola oleh BUMDes melainkan sampah liar yang buangnya juga oknum warga yang lewat, kalau sampah yang dikelola selalu rutin di angkut oleh dinas kebersihan , tuturnya .

Sebetulnya pemerintah Desa sudah ada upaya mengajukan agar di simpan bak penampunganya kepada Dinas terkait , hanya saja kita terkendala dengan lahan , “Jelasnya .

Semetara dilain titik, sampah liar yang berada di Jln Kolmas Desa Sukajaya Kec Lembang, dari pantauan media sudah ada upaya penertiban dari pihak Dinas LH KBB, sebagai upaya menciptakan KBB bersih.

Tauhid Nuryoto koordinator kebersihan wilayah Parongpong dan Cisarua, lewat sambungan telpon mengungkapkan pihaknya telah menyimpan bak penampungan guna mengatasi persoalan sampah liar tersebut, ungkapnya.

“Ditempat-tempat lain yang belum ada baknya pihak dinas selalu rutin dalam seminggu dua kali, menariknya sebagai solusi agar sampah tidak menumpuk” , tegas Tauid.

Pihak Dinas KBB sendiri sebetulnya sangat menunggu dan selama ini selalu koordinasi dengan pihak Desa yang berada di wilayahnya agar pihak Desa bersedia menyediakan tempat untuk diletakan bak penampungan. Pihak Dinas bersedia membantu, hanya saja kebanyakan wilayah desa terkendala masalah lahan , pungkasnya. (um)