Masya Allah! 6 Buah Ini Tercatat Dalam Alquran

LamanQu.com – Dari ribuan jumlah buah yang ada didunia 6 buah ini yang secara spesifik disebutkan dalam Alquran beberapa buah ini serta juga disarankan untuk dikonsumsi karena alasan khasiatnya.

Berikut ini beberapa buah yang disebutkan dalam Alquran beserta penjelasan khasiatnya.

1. Anggur

Anggur kabarnya sudah dikenal sejak zaman Nabi Nuh, hingga kini anggur masih jadi salah satu buah populer. Dalam Alquran, anggur disebut sebanyak 14 kali.

Salah satunya dalam surah Al-Muminun ayat 19, “Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu memperoleh buah yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan.”

Dalam ilmu kesehatan, anggur memiliki banyak manfaat, seperti baik untuk penderita liver, ginjal dan sistem pencernaan. Anggur juga berkhasiat mengusir stres dan penat.

2. Buah tin

Buah tin atau buah fig atau sering juga disebut buah ara disebut satu kali dalam surah At-Tiin. Banyak yang menafsirkan buah tin sama dengan buah zaitun namun banyak juga yang menganggap buah tin dan buah zaitun berbeda.

Buah tin termasuk salah satu superfood, buah ini memiliki serat yang tinggi, rendah kalori dan tidak mengandung lemak. Pada studi tahun 2005 disebutkan kalau buah tin yang rasanya manis renyah ini mengandung vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin C yang tinggi.

3. Buah Zaitun

Dalam surah An-Nahl ayat 11 disebutkan buah zaitun. “Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman;zaitun, korma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan.”

Buah berbentuk bulat lonjong ini memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak kalau dikonsumsi. Selain baik untuk liver, zaitun juga membantu mengeluarkan racun dalam tubuh sehingga tubuh menjadi sehat.

4. Buah Pisang

Bukan hanya ada di dunia, pisang bahkan juga disebut sebagai salah satu buah yang ada di surga. Dalam surah Al-Waqiah ayat 29 disebutkan, “Dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya).”

Buah pisang mengandung karbohidrat dan pottasium dalam jumlah cukup banyak. Selain cepat mengenyangkan, pisang juga biasa dikonsumsi untuk meredakan demam, melancarkan sistem pencernaan hingga mengobati kejang.

5. Buah Delima

Buah manis yang cantik ini juga tercatat dalam Alquran. Dalam surah Al-An’aam ayat 41 tertulis “Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon kurma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik hasilnya (dengan disedekahkan kepada fakir miskin); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan.”

Berdasarkan penelitian, buah delima mengandung zat gizi yang bisa menjaga kesehatan jantung, syaraf hingga mengatur kadar gula darah dalam tubuh.

6. Buah Kurma

Buah dengan rasa manis ini disebutkan dalam surah Maryam ayat 24-26. “”Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: ‘Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah….”
Dalam sebutir kurma, 50 persennya adalah gula alami yang cepat dicerna menjadi energi. Inilah sebabnya saat berbuka puasa dianjurkan menyantap buah kurma. Buah kurma segar juga memberi manfaat yang besar untuk kecerdasan.