Diundang 30 Kali Dalam Ratas, Sekretariat Kabinet Nilai Sumsel Provinsi Strategis

Palembang, LamanQu.com – Pembukaan Rakor Peningkatan Kualitas Penyelenggaraan Sidang Kabinet mengambil tema Melalui Pemenfaatan Teknologi Informasi Sekretariat Kabinet RI digelar di Hotel The Zuri, Jumat (8/3/2019).

Assisten Deputi Penyelenggaraan Kabinet Deputi Bidang Kerja Kabinet Sekretariat Kabinet Sariyati Rohma mengatakan, Sekretariat Kabinet mendukung Presiden sebagai Kepala Pemerintahan. Biasanya dalam Rapat Terbatas (Ratas) Presiden membuat arahan untuk pembangunan, Palembang dalam hal ini Gubernur Sumsel 30 kali diundang dalam Ratas. “Ini Provinsi strategis karena disini ada LRT pertama di Indonesia, sebagai Asian Games. Jadi ini untuk meningkatkan sinersitas, antara pusat dan daerah, ” ujarnya.

Dia menjelaskan, dari masa kepemimpinan Gubernur Sumsel dari pak Alex sampai pak Deru, Sumsel sudah 30 kali ikut Ratas. “Disini kita terus sinergikan. Kita ingin masukan dari daerah, terkait Teknologi Informasi sistem yang bisa diimplementasikan ke daerah,” bebernya.

“Dengan adanya Teknologi Informasi kami bisa share informasi yang perlu dikoordinasikan dengan Pemda. Disini kita mencari solusi untuk Pemda dan nasional. Rakor ini berkesimbungan, setiap tahun,” tambahnya.

Kedepan, lanjut Sariyati, kegiatan seperti ini akan dilaksanakan di Idonesia tengah. Dipilih sesuai nilai strategis.
“Peserta yang hadir disini sebanyak 150 dari 34 KL, Sesda dan ada dari Menko,” ucapnya.

Sariyati menuturkan, melalui kegiatan ini pihaknya mendapat masukan dari Pemprov Sumsel ke Pusat. Misalnya kebijakan nasional bisa langsung di share ke daerah. Biar langsung diimplementasikan.

“Rakor seperti ini baru pertama dilaksanakan di Sumsel. Harapan saya Sumsel bisa menginspirasi ke daerah lain, dan pembangunan di Sumsel bisa dirasakan daerah lain,” pungkasnya. (Yanti)