Tingkatkan Penyelenggaraan SAKIP, Bupati Muara Enim Lakukan Kunjungan Kerja Ke Pemkab Gresik

Muara Enim, LamanQu.com – Pemerintah Kabupaten Muara Enim ingin mencontoh keberhasilan Pemerintah Kabupaten Gresik Jawa Timur dalam menyelengarakan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP). Diketahui bahwa Gresik selama ini telah berhasil mendapatkan penilaian ‘A’ dari pemerintah pusat.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM didampingi Ketua TP PKK Ir Hj Sumarni Ahmad Yani MSi, bersama para Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dan pengurus PKK Kabupaten Muara Enim. Tiba di Kabupaten Gresik, selasa (5/3) disambut oleh kedua pemimpin daerah Gresik. Bupati Sambari Halim Radianto, dan wakilnya Muhammad Qosim. Berserta para OPD dan TP PKK Kabupaten Gresik Jawa Timur.

Diterangkan bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM, bahwa tujuan melakukan studi banding ke Kabipaten Gresik adalah untuk belajar mengenai keberhasilan daerah lain dalam menyelenggarakan SAKIP. Kata Yani, pemerintah Kabupaten Muara Enim sangat serius dalam melaksanakan program tersebut.

“Kami datang di Kabupaten Gresik ini Untuk belajar dan mengejar ketertinggalan dalam pencapaian sukses meraih nilai “A” pada Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan~RB),”ungkap Yani, (6/3).

Dalam kesempatan itu, bahwa pemerintah Kabupaten Muara Enim menjalin kerjasama dalam mensukseskan program SAKIP di Kabupaten Muara Enim. Kemudian pemerintah Kabupaten Gresik Jawa Timur menyambut baik kehadiran bupati Muara Enim beserta jajarannya. Lanjut Yani, seluruh aplikasi Penkab Gresik dalam pelayanan masyarakat, tentang e-gov, keuangan, perencanaan, ekonomi kreatif dan program kesehatan akan diterapkan di Kabupaten Muara Enim.

“Kami berharap ditahun mendatang nilai SAKIP Pemkab Muara Enim menjadi A. Dan masyarakat Muara Enim dapat merasakan PERUBAHAN dan program MERAKYAT (Muara Enim untuk RAKYAT) benar benar dapat terwujud menuju muara enim yang Agamis, mandiri, Berdaya saing, sehat dan sejahtera,”tutup Yani.

Sementara itu, Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto menyambut baik kerjasama yang di tawarkan oleh Pemkab MuaraEnim, dan siap berbagi ilmunya serta membantu memberikan masukan. Dalam sambutannya ia mengatakan bahwa tentang Sakip itu semuanya juga transparan dan dapat dipelajari bersama.

“Nilai baik itu hanya masalah waktu. lnsyaallah tahun depan Muara Enim pasti juga akan memperoleh nilai A. Kami dulu saat pertama yaitu tahun 2015 juga mendapat nilai C. Saya kaget juga ketika itu” papar Sambari.

Setelah mendapat nilai C, saya mengumpulkan semua pejabat di jajaran Pemkab Gresik untuk berkomitmen memperbaiki.

“Pokoknya saya tidak mau ada nilai C lagi meskipun misalnya naik menjadi CC atau C gemuk. Kami optimalkan semua potensi yang ada. lntinya Sakip itu adalah eflsiensi anggaran, Komitmen Pimpinan daerah dan jajarannya. Serta yang Iebih penting adalah keberlangsungan dan keberlanjutan program,” jelas Sambari.(rilis/git).