Tempat Wisata Di Ponorogo Dibalik Tersohornya Reog, Menyimpan Keindahan Lain

LamanQu.com – Reog, itulah yang mungkin terbesit di kepala kamu ketika mendengar kata Ponorogo.

Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat.

Dibalik itu semua ternyata Ponorogo menyimpan tempat wisata pesona alam yang banyak belum diketahui penikmat alam bebas. Lantas seperti apa tempat tempat yang dimaksud? Lokasi serta cara ngapain aja ketika disana? Dibawah ini bisa dianggap rekomendasi untuk jelajah Jawa Timur dengan Reog Panorogo nya itu.

1. Macam macam keseruan di satu spot wisata – Mloko Sewu

Yang tertarik mengunjungi tempat wisata di Ponorogo yang lengkap dan menawarkan pesona alam yang istimewa dan spot berfoto yang Instagrammable, Mloko Sewu adalah destinasi yang kamu tuju.

Catat beragam pesonanya ya, mulai dari kebun bunga matahari, rumah pohon, pintu langit hingga spot selfie dengan pemandangan Telaga Ngebel dari ketinggian, pastinya tidak boleh kamu lewatkan.

Lokasi: Prumbon, Pupus, Ngebel, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur
Harga tiket: 5,000 IDR per orang

2. Hebatnya Pesona alam yang mengesankan – Air Terjun Sunggah

Salah satu wisata air terjun yang bisa dinikmati di Ponorogo adalah air terjun Sunggah. Pesona alamnya masih natural dengan pemandangan alam yang segar.

Dengan ketinggian kurang lebih 50 meter, air terjun ini menawarkan view alam dengan nuansa hutan di sekitarnya. Ada juga persawahan dengan sistem terasering, yang menambah keunikan air terjun ini.

Lokasi: Dukuh Sambi, Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

3. Luar biasa Panorama Ponorogo dari ketinggian – Puncak Pringgitan

Yang tertarik menikmati lanskap alam dari ketinggian di Ponorogo, Puncak Pringgitan bisa menjadi alternatif yang asyik untuk dituju.

Untuk sampai ke puncak, kamu akan melewati hutan pinus dengan nuansa yang sejuk. Sesampainya di atas, bersiaplah dibuat kagum dengan pesona lanskap Ponorogo yang hijau. Di satu sisi, kamu juga bisa melihat city view, yang akan jauh terlihat spektakuler di malam hari.

Lokasi: Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Ponorogo, Jawa Timur

4. Unik nya nama Air terjun perawan yang menawan – Air Terjun Kokok

Air terjun dua tingkat ini menjadi salah satu destinasi wisata baru di Ponorogo yang mulai ngehits dalam beberapa bulan terakhir.

Lumrah jika melihat nuansa alam yang alami dari lingkungan sekitar air terjun ini. Belum lagi kontur air terjun yang bertingkat dengan air yang jernih dan sejuk. Kamu tidak hanya bisa mengagumi keindahan alam di sekitar air terjun ini, tapi juga menikmati dinginnya air dengan berenang di alirannya. Asyik, lho!

Lokasi: Senarang, Temon, Sawoo, Ponorogo, Jawa Timur

5. Miliki Sisi lain Ponorogo yang istimewa – Gunung Masjid

Tidak sedikit yang mengenal tempat wisata di Ponorogo ini sebagai Bukit Teletubbies, namun hampir semuanya sepakat Gunung Masjid adalah nama yang layak disematkan pada destinasi wisata yang keren ini.

Dengan puncak berbentuk kubah, kamu bisa melemparkan pandangan menikmati pemandangan alam yang luar biasa indah. Hamparan karpet alami yang hijau ditambah udara sejuk yang segar menyihir siapapun yang datang untuk mengucapkan syukur atas karunia-Nya berupa alam yang indah. Jangan dirusak, ya!

Lokasi: Perhutanan, Pandak, Balong, Ponorogo, Jawa Timur

Tidak boleh dilewatkan – Gunung Cumbri
Bukit ini berada di perbatasan antara Ponorogo, Jawa Timur dan Wonogiri, Jawa Tengah. Karena keistimewaan pemandangan alam yang disajikan, sepertinya tidak perlu dipermasalahkan jika Bukit Cumbri masuk dalam daftar tempat wisata di Ponorogo yang wajib dikunjungi.

Dari puncak Bukit Cumbri, kamu bisa menikmati gugusan perbukitan dengan nuansa yang luar biasa indah. Ditambah suasana sejuk yang disajikan oleh alam, kamu bisa menjadikan tempat ini sebagai spot menikmati sunset ataupun sunrise dengan latar pemandangan perbukitan yang aduhai.

Lokasi: Kepyar, Purwantoro, Ngudal, Pagerukir, Sampung, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah

Ya segitu aja luas nya wilayah jelajah plus keindahan wisata alam Ponorogo kita ini. Monggoh diaturi, nuhun sewu. Salam.