Lomba Mancing Di Kolam Retensi, 1,5 Ton Ikan Dilepaskan

Muara Enim, LamanQu.com – Kolam retensi Taman Adipura kota Muara Enim, Minggu (24/2) menjadi magnet bagi para pemancing mania. Di lokasi tersebut ratusan pemancing mengikuti ajang lomba mancing spektakuler yakni Serunya Muara Enim Fisheries (SMF) 2019 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim.

SMF 2019 sebagai bagian dari Colorful Muara Enim Festival atau COME-Fest merupakan program tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Muara Enim. Ajang SMF 2019 jadi ajang festival ke-2 yang dilaksanakan dari total 25 festival yang siap digelar sepanjang tahun ini.

Festival SMF 2019 kali ini diikuti sedikitnya 450 peserta yang berasal dari Kabupaten Muara Enim, Lahat, Baturaja, Prabumulih, Palembang hingga dari luar daerah seperti Bengkulu ,Lampung hingga Jakarta.

Dalam ajang ini, panitia dari Dinas Perikanan Kabupaten Muara Enim menyiapkan kurang lebih 1,5 ton ikan untuk menjadi santapan kail para peserta pemancing.

Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani bersama Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur Muspida turut hadir ditengah para pemancing mania yang rela datang jauh-jauh ke Bumi Serasan Sekundang.

Selain lomba memancing, SMF 2019 juga dimeriahkan berbagai lomba lainnya seperti lomba memasak kreatif serba ikan yang digagas oleh Ketua Tim Penggerak PKK Muara Enim, Hj Sumarni Ahmad Yani. Lalu juga ada kontes ikan cupang, ikan hias, posko kesehatan gratis, serta pameran dan bazaar produk unggulan pertanian dan perkebunan.

Dalam sambutannya, Yani mengatakan ajang SMF 2019 DIlaksanakan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kabupaten Muara Enim terhadap jasa para Masyarakat perikanan dalam upaya pemenuhan kebutuhan protein dan
gizi bagi seluruh lapisan masayarakat.

“Ajang ini juga untuk menggali potensi wisatawan, karena selain masyarakat lokal juga berhasil mendatangkan peserta jauh dari sejumlah daerah,”kata Yani

Hal ini, Lanjut Yani sesuai tujuan untuk meningkatkan Kunjungan wisatawan yang diharapkan akan mendongkrak pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan Kreativitas Rakyat.

Karena itu, Yani mengharapkan seluruh hadirin khususnya panitia lomba dan
peserta lomba untuk menjadi pioner
pioner yang dapat mengajak seluruh
lapisan masyarakat agar dapat
mengenalkan budaya local serta
mempromosikan objek objek wisata yang
ada di Kabupaten Muara Enim.

“Saya harapkan melalui kegiatan Serunya
Muara Enim Fisheies ini dapat
meningkatkan Kunjungan Wisatawan ke
Muara Enim yang akan mendongkrak
pertumbuhan ekonomi dan menumbuhkan
Kreativitas Rakyat,”jelasnya

Tak cuma itu, piahknya juga mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat agar bersama menjaga kelestarian alam.

Kepala Dinas Perikanan Ir Teguh Sumitro menambahkan ajang ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian masyarakat untuk menjaga kelestarian perairan umum.

“Yaitu dengan tidak membuang sampah ke perairan umum terutama Perairan sungai dan danau, Serta saluran air lainnya apalagi sampah yang dibuang tersebut sampah anorganik yang sulit hancur. Seperti sampah yang berbahan plastik,”ungkapnya

Menurut Teguh, Jika lingkungan perairan bersih maka secara otomatis akan berdampak pula pada kenyamanan dan keindahan yang berdampak terhadap keinginan masyarakat luar untuk datang ke Muara Enim dan secara otomastis akan meningkatkan perekonomian bagi masyarakat sendiri.

“Untuk itu sekali lagi saya mengajak
kepada seluruh lapisan masyarakat mari
kita jaga bersama lingkungan perairan di
daerah kita masing masing khususnya di
wilayah Kabupaten Muara Enim,”pungkasnya

Sedangkan, Kepala TP PKK Muara Enim Hj Sumarni Ahmad Yani menuturkan ajang SMF 2019 secara tak langsung menjadi sosialisasi mengajak masyarakat gemar makan ikan.

Sumarni mengatakan SMF 2019 merangsang para penggiat yang memiliki keahlian dibidang kuliner untuk menciptakan menu-menu baru berbahan utama ikan.

“Seperti diketahui banyak sekali kandungan protein dan nutrisi pada daging ikan yang sangat berguna untuk kebutuhan gizi keluarga, sehingga tercipta keluarga sehat dan cerdas yang diperlukan untuk pembangunan SDM didaerah,”pungkasnya.