Ranah Romansa Siti Nurbaya, Hikayat Malin Kundang, Proklamator Bung Hatta Tak Cukup Kah Saksi Keindahan Wisata Di Padang

LamanQu.com – Yang namanya Tanah Minang memang nggak cuma tentang wisata kulinernya yang lezat dan sangat terkenal dengan rendang, sate, soto dan lain lain.

Padang, Sumatera Barat juga tenar dengan bermacam tempat serta objek wisata alamnya yang tentu akan sangat disayangkan apabila dilewatkan begitu saja.

Belum tau kan apa saja tempat wisata yang harus kamu coba kunjungi kala bermain ke Padang?

Dibawah ini kita tengoh bumi rancak nan elok di mato( Tanah yang cantik dipandang, red)

Batu Malin Kundang

Seandainya kamu menghabiskan liburan di Padang, jangan lupa mengunjungi Batu Malin Kundang. Kamu tentu tahu kisah legenda Malin Kundang, yaitu seorang anak yang nggak patuh terhadap ibunya, sehingga dia dikutuk menjadi batu.

Kamu bisa melihat Batu Malin Kundang di Pantai Air Manis. Selain bisa melihat batu Malin Kundang, Pantai Air Manis juga merupakan salah satu destinasi yang bisa kamu kunjungi kala main ke Padang.

Gunung Padang

Sebagai bagian dataran tinggi bukit barisan terletak di sebelah selatan muara Sungai Batang dan termasuk di Kabupaten Padang Selatan, Gunung Padang adalah sebuah bukit kecil yang memiliki ketinggian puncak sekitar 80 mdpl. Masyarakat Kota Padang menamakannya Gunung Padang karena bukit ini bisa dikatakan sebagai tempat tertinggi di sekitar pusat kota yang terkenal dengan rendangnya.

Gunung Padang menyimpan kombinasi legenda cinta, panorama indah dan sepotong sejarah selama pendudukan Jepang. Jika kamu tertarik ke gunung ini, kamu bisa menyeberang Jembatan Siti Nurbaya, kemudian mengambil jalan ke kiri yang akan membawamu ke gerbang kawasan wisata Gunung Padang.

Lubuak Paraku

Ini merupakan kolam alami yang airnya bersih, sangat jernih serta menyegarkan dan didukung dengan alamnya yang apik yang ada di Kelurahan Indarung, Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang. Oh iya, airnya berwana kebiru-biruan yang membuatnya jadi daya tarik dari tempat ini. Namun, untuk fasilitas seperti WC umum, sampai terbitnya tulisan ini masih belum tersedia.

Pantai Pasir Jambak

Beralamat di Jl. Teratai, Pasie Nan Tigo, Koto Tangah, Kota Padang, bisa ditempuh dengan jarak sekitar 26,5 kilometer atau sekitar 45 menit melalui Jl. By Pass / Jl. Lintas Barat Sumatera. Di sekitar pantai ada banyak gazebo atau pondok yang sering digunakan untuk beristirahat dan atau menikmati angin dan suasana pantai yang indah.

Kamu juga bisa bermain pasirnya yang putih bersama keluarga, teman atau kekasih. Dan jangan lewatkan sunset-nya yang indah, ya!

Pulau Sikuai

Meski pulau tersendiri, namun Pulau Sikuai secara administrasi termasuk bagian dari provinsi Sumatera Barat. Pulau Sikuai terletak di sisi barat Pulau Sumatera yang hanya berjarak sekitar setengah mil dari Kota Padang. Lokasi pulau ini dapat dijangkau dengan menggunakan kapal angkutan khusus dengan waktu tempuh selama kurang lebih 35 menit dari dermaga airud Bungus.

Tempat wisata di Padang yang satu ini menawarkan keindahan alam yang begitu mempesona sehingga tak akan bosan untuk berlama-lama menikmatinya. Apalagi didukung dengan fasilitas yang cukup lengkap berupa resort yang menyediakan cottage untuk menginap tentu akan semakin memuaskan.

Pulau Cubadak

Pulau Cubadak merupakan tempat wisata di Padang lainnya yang wajib masuk dalam destinasi wisata Anda ketika berkunjung di kota ini. Keindahan alamnya yang seolah tiada tara menarik minat para investor asing untuk mengembangkannya. Dan benar saja, pulau ini telah dikembangkan menjadi objek wisata berskala internasional oleh investor dari Italia.

Tak heran jika banyak fasilitas yang melengkapi tempat wisata ini. Mulai dari resort yang menyediakan bungalow untuk tempat menginap hingga fasilitas penunjang untuk kegiatan diving, fishing, dan juga snorkeling. Tak hanya itu, tersedia pula motor boat yang siap menemani wisatawan bertualang menikmati keasyikan permainan air di pulau ini.

Danau Kembar

 

Tempat wisata di Padang yang menarik untuk dikunjungi lainnya adalah Danau Kembar. Disebut kembar karena memiliki karakter yang sama dan letaknya juga berdekatan, di mana yang satu di atas dan yang lainnya di bawah.

Uniknya untuk mencapai danau di atas, Anda harus melalui jalan yang menurun. Sebaliknya, untuk mengakses danau di bawah justru harus melalui jalan yang mendaki. Tempat wisata ini terletak di Desa Pasar Simpang, Kecamatan Lembayang Jaya, Kabupaten Solok. Dari pusat Kota Solok, danau ini berjarak kurang lebih 47 km. Jika diakses dari Kota Padang, maka berjarak sekitar 56 km.

Itulah beberapa tempat wisata “nan rancak” yang ada di Padang. Yang dikenal seantero nusantara bahkan hingga ke mancanegara.