Tak Diperhitungkan Sebelumnya Suzuki Jimny Raih Tiga Nominasi World Car Awards 2019

LamanQu.com – Sebelumnya lenyap dari ruang analisa publik otomotif tanah air diam diam turunan Generasi Baru Suzuki Jimny mulai menampakan keunggulannya berprestasi dalam penganugerahan World Car Awards 2019.

Jimny terseleksib dalam perebutan juara di tiga kategori: World Urban Car, World Car Design dan World Car of the Year (WCOTY). Akankah mengikuti kesuksesan Suzuki Ignis pada ajang sama 2017 dan Swift pada 2018? Semua tergantung penilaian dewan juri.

Tahapan berikutnya, masuk tahap eliminasi yang diumumkan di Geneva Motor Show 5 Maret. Semua kategori mempertarungkan 5 mobil, kecuali gelar teratas WCOTY yang berisikan 10 nominator. Sementara pengumuman pemenang bakal berlangsung di New York pada 17 April.

Penilaian melibatkan 86 jurnalis otomotif skala internasional. Keahlian dalam menilai sebuah mobil, sangat dibutuhkan untuk mencari mobil terbaik. Untuk memilah kandidat WCOTY, total 40 kontender diseleksi menjadi 10 mobil sebagai calon juara.

Berikut kategori dan kandidat pemenang World Car Awards 2019:

World Car of the Year 2019: Audi e-tron, BMW 3-Series, Ford Focus, Genesis G70, Hyundai Nexo, Jaguar I-PACE, Mercedes-Benz A-Class, Suzuki Jimny, Volvo S60/V60, Volvo XC40.

World Urban Car 2019: Audi A1, Hyundai AH2/Santro, Kia Soul, SEAT Arona, Suzuki Jimny.

World Luxury Car 2019: Audi A7, Audi Q8, BMW 8-Series, Mercedes-Benz CLS, Volkswagen Touareg.

World Performance Car 2019: Aston Martin Vantage, BMW M2 Competition, Hyundai Veloster N, McLaren 720S, Mercedes-AMG 4-door Coupe.

World Green Car 2019: Audi e-tron, Honda Clarity PHEV, Hyundai Nexo, Jaguar i-Pace, Kia Niro EV

World Car Design of the Year 2019: Citroen C5 Aircross, Jaguar E-PACE, Jaguar I-PACE, Suzuki Jimny, Volvo XC40.

Daftar di atas memperlihatkan, Jimny menjadi satu-satunya merek Jepang yang paling menonjol. Produk Jepang lainnya hanyalah Honda Calrity PHEV di kategori World Green Car. Sedangkan pabrikan Korea Selatan, Hyundai, turut mencuri perhatian lewat mobil fuel cell Nexo yang mengincar gelar WCOTY 2019 juga World Green Car 2019.

Jimny generasi terbaru pertama kali meluncur untuk pasar domestik Jepang pada 2018. Di sana, ia masuk dalam kategori kei car. Spesifikasinya berbeda sendiri, memakai mesin 3-silinder 658 cc turbo. Sedangkan untuk negara lain, ditopang mesin K15B 4-silinder 1,5-liter.

Mengusung desain sangat atraktif, membuatnya langsung tenar di seluruh dunia. Bahkan telah dianugerahi desain terbaik dari Good Design Awards. Sayang, Suzuki belum mau mengalokasikan produksi ke negara lain. Perakitannya masih terpusat di Kosai, Shizuoka, Jepang.

Kemunculan Jimny sangat ditunggu publik Tanah Air dan peminatnya sudah banyak yang inden. Kabar terakhir dari tenaga penjual Suzuki, pemesanan sudah ditutup karena terlalu membludak. Karena hanya mendatangkan sekitar 900-an unit saja. Luar biasa bukan.