Tahun Ini UIN Raden Fatah Terima 4.000 Mahasiswa Baru

Palembang, LamanQu.com –¬†Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang melakukan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019. Penerimaan mahasiswa baru tahun ini dengan tema ” Menyiapkan Sarjan unggul, sukses, dan berkarakter Islam “, yang di gelar di hotel Swarna Dwipa, Kamis (7/2/2019).

Kepala Biro Akademik Kemahasiswaan dan kerjasama UIN Raden Fatah Palembang Mirwan Fasta mengatakan, IAIN Raden Fatah telah berubah UIN Raden Fatah. Karena UIN Raden Fatah sudah menjadi universitas, jadi konsekuensi harus mengakomodir hal-hal yang bersifat global, terutama terkait dengan hal-hal yang bersifat kemenristek Dikti ini yang pertama.

” Dalam kesempatan ini kami sampaikan bahwa 3 tahun terakhir, ya katakanlah UIN Raden Fatah itu, telah mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa barunya melalui 5 jalur penerimaan mahasiswa baru, ” ujarnya.

Mirwan menjelaskan, pada tahun-tahun sebelumnya, jalur ini terdiri dari dua kategori, pertama katagori non tes, kedua kategori tes. Katagori non tes itu terdiri dari dua penyelenggara, yakni pertama diselenggarakan oleh Kementerian Agama, kedua diselenggarakan oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi.

” Yang dilaksanakan oleh, kementerian agama itu dikenal dengan SPAN PTKIN artinya yaitu seleksi prestasi akademik nasional perguruan tinggi keagamaan Islam Negeri itu jalur tanpa tes kementerian agama. Kedua tanpa tes dari Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi, yakni yang dikenal dengan istilah SNMPTN seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri di kementerian pendidikan tinggi,” katanya.