Studi Menunjukan Fitur Keyless Pada Mobil Rentan Kena Bobol

LamanQu.com – Salah satu fitur yang sedang tren sekarang ini adalah sistem keyless. Semakin banyak jenis mobil yang memakai, bahkan kelas LMPV saja sudah ada. Contoh terbaru Toyota New Avanza yang menyusul Toyota Rush, Daihatsu Terios, Suzuki Ertiga dan Mitsubishi Xpander. Fitur keyless entry dan tombol start/stop engine sangat praktis digunakan. Mengganti ritual memencet tombol kunci dan menstarter mesin dengan anak kunci. Perantinya hanya dikantongi tanpa perlu dikeluarkan.

Terlepas kepraktisannya, ternyata fungsi keyless menyimpan risiko berbahaya. Dari hasil studi terbaru, keamanan mobil belum tentu terjamin. German General Automobile Club atau Allgemeiner Deutscher Automobil-Club (ADAC) menemukan, mobil dengan fitur keyless masih rentan dicuri. Disebut sebagai serangan “relay” yang berpotensi mencuri tanpa perlu memegang kunci. Pencuri yang pintar mampu meretas sinyal ditransmisikan oleh kunci nirkabel, untuk membuka kunci mobil maupun menyalakan mesin.

ADAC menguji 237 mobil modern dari 30 merek dan menemukan 230 di antaranya mudah dibobol. Meski tidak detail disebutkan menggunakan apa, alat itu dijual murah via online. Dari 237 mobil, hanya 3 yang benar-benar dapat menangkal kepintaran peretas. Ketiganya model keluaran Jaguar Land Rover: Jaguar i-Pace, Land Rover Discovery dan Range Rover Evoque. Empat mobil lain masih mudah, sekadar dibuka kuncinya atau hanya menyalakan mesin.