Manfaat Ikan Ikan Tergolong Pemakan Jentik Nyamuk

LamanQu.com – Simbiosis mutualisme istilah yang kita pertama kali dikenalkan dengan ilmu biologi. Pelajaran yang membawa kita pada ketergantungan dan saling membutuhkan antara manusia, tumbuhan hewan dan alam sekitar.

Tuhan menciptakan sesuatu pasti ada manfaatnya, begitu pula dengan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang satu ini. Sebagian orang menganggap bahwa nyamuk merupakan serangga pengganggu yang membahayakan kehidupan manusia, karena nyamuk adalah sebagai vektor (pembawa) penyakit demam berdarah pada manusia. Akan tetapi dibalik itu semua, Tuhan memberikan manfaat lain dari banyaknya kerugian akibat nyamuk. Manaat dari jentik nyamuk ini yaitu sebagai pakan ikan terutama ikan hias, karena jentik nyamuk mempunyai kandungan protein 56,60%. Sehingga kebutuhan nutrisi ikan akan tercukupi oleh jentik nyamuk tersebut. Tahukah Anda, jenis-jenis ikan apakah yang memakan jentik nyamuk? Dibawah ini, kita akan membahas ikan-ikan pemakan jentik nyamuk.

Jenis-Jenis Ikan Pemakan Jentik Nyamuk

1. Ikan Cupang

Ikan cupang (Betta sp) merupakan ikan hias air tawar yang berasal dari beberapa Negara di Asia Tenggara, antara lain Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Vietnam. Ikan cupang merupakan salah satu ikan yang mampu bertahan dalam waktu yang cukup lama pada akuarium dengan sedikit volume air dan alat sirkulasi udara (aerator). Ikan ini juga tahan terhadap perairan yang tercemar sabun atau limbah lainnya.