Miliki Layanan Alat Pacu Jantung Permanen Tanpa Kabel, RSMH Kini Jadi Rujukan Nasional

Palembang, LamanQu.com – RSUP Mohammad Hoesin Palembang menjadi RS Pertama di Pulau Sumatera dan RS Pertama di Luar Jakarta yang melakukan tindakan pemasangan alat pacu jantung permanen tanpa kabel (leadless pacemaker). Pelaksanaan tindakan pemasangan alat pacu jantung permanen tanpa kabel di ruang Cathlab BHC RSMH Palembang, Jumat (18/01/2019).

Dirut RSMH Dr M Syahril Mansyur SP P MPH mengatakan, RSMH ini adalah rumah sakit rujukan nasional. Jadi masyarakat tidak perlu ke Jakarta, Malaysia dan Singapura. Karena RSMH melayani 5 rujukan nasional yakni pertama layanan jantung dan syaraf, kedua layanan kanker mulai screening sampai kemoterapi, tiga bedah infasif, empat bayi tabung dan lima transplasi ginjal.

“Khusus layanan jantung dan syaraf terpadu. Sebelumnya layanan jantung dan syaraf terpadu dilakukan dengan bedah torak. Bedah pemasangan ring di jantung dan operasi jantung, kelainan jantung bawaan. Hari ini dokter Edo spesialis jantung dan pembuluh darah, kita melakukan tindakan pemasangan alat pacu jantung permanen tanpa kabel (leadless pacemaker),” ujarnya.