Potensi Lokal Desa, Posisi Tawar Retail Modern Untuk Dapat Izin

Muara Enim, LamanQu.com – Bupati Muara Enim, Ir H Ahmad Yani MM, meminta seluruh kepala desa yang ada di wilayah kabupaten Muara Enim untuk bisa membuat ide-ide dan inovasi di desanya untuk perkembangan desa dan bisa menumbuhkan potensi lokal.

Hal ini selalu diungkapkan Ahmad Yani dan wakilnya H Juarsah setiap kunjungannya ke desa-desa atau pada program Bunga Desa (Bupati dan wakil Ngantor di Desa) yang dilakukan setiap hari jumat. Salah satu yang diharapkan adalah desa Berugo Kecamatan Belimbing, dikatakan bupati saat berkantor disana jumat lalu.

“Setiap desa harus memberikan ide-ide dan inovasi di desa untuk perkembangan desa dan mengembangkan potensi lokal. Disetiap desa harus ada produk andalan, dan saya berharap desa Berugo ini ada inovasi,”kata Ahmad Yani.

Dikatakan, dengan adanya Dana Desa (DD) maka setiap desa bisa memanfaatkan potensi desa sehingga bisa menumbuhkan potensi lokal, dan menjadi sumber kemakmuran bersama demi mewujudkan Muara Enim Agamis, Berdaya Saing, Sehat, Aman, dan Sejahtera. Salah satunya membuat satu produk unggulan dari hasil pemberdayaan masyarakat setempat.

“Pemerintah nanti akan bantu pemasaran produk masyarakat. Saya harapkan produk-produk masyarakat bisa ada di pasar modern, Alfamart dan Indomart. Nanti kita kerjasama dengan mereka sebelum memberikan ijin,” tutur Ahmad Yani.

Kades Berugo, Desi Hariyani mengatakan, kedepan pihaknya akan menggali potensi yang ada di masyarakat menjadi inovasi desa. Selanjutnya, pihaknya juga meminta bantuan pemerintah kabupaten Muara Enim dan TP PKK untuk melakukan pembinaan kepada masyarakat desa Berugo untuk menunjang program inovasi desa.

“Pertama sekali kami masyarakat desa Berugo senang mendapatkan kunjungan bupati. Sesuai dengan arahan pak bupati bahwa kita harus menggali potensi masyarakat sebagai produk inovasi desa,” kata Desi.(git)