Ciri-Ciri Kanker Serviks dan Cara Mencegahnya

LamanQu.com – Kanker serviks adalah kanker yang terjadi saat ada sel-sel di leher rahim atau serviks menjadi tidak normal dan berkembang terus dengan tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut bisa berkembang dengan cepat sehingga mengakibatkan tumor pada serviks. Tumor yang ganas nantinya berkembang jadi penyebab kanker serviks.

Kanker ini menyerang serviks atau bagian leher rahim. Leher rahim sendiri adalah organ yang berbentuk seperti tabung yang memanjang, fungsinya menghubungkan vagina dengan rahim.

Kanker ini adalah salah satu jenis kanker yang paling banyak terjadi pada wanita di seluruh dunia. Namun, untuk mencari tahu adanya gejala kanker serviks, lakukan tes pap smear rutin dan pencegahan dini dengan vaksin. Keduanya dapat membantu mengetahui serta mencegah adanya kanker serviks secara dini.

Pada tahun 2012, WHO menyatakan terdapat lebih dari 270 ribu kasus kematian pada penduduk wanita akibat penyakit kanker. Sedangkan jumlah kasus baru kanker serviks berjumlah hampir 445 ribu pada tahun 2012.