Obat Sariawan Alami, Mujarab Untuk Dicoba

Untuk membuat air larutan garam, cukup tambahkan satu setengah sendok teh garam ke dalam satu gelas air hangat. Aduk rata dan kumur-kumur air di dalam mulut. Jangan ditelan. Segera buang setelah selesai dan bilas dengan minum air putih. Ulangi berkumur air garam untuk beberapa kali dalam sehari sampai sariawan terlihat mengempis.

2. Madu

Madu adalah salah satu pilihan obat sariawan alami yang cukup ampuh. Caranya cukup dengan mengoleskan madu di atas sariawan tersebut.

Dilansir dari prevention, madu memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan. Kesimpulan tersebut didapat dari penelitian asal Saudi Arabia terhadap 94 partisipan yang rutin mengoleskan madu pada sariawan di mulut mereka selama empat hari berturut-turut.

3. Kantong teh bekas

Mengompreskan kantong teh bekas juga bisa Anda jadikan obat sariawan di lidah dan bibir. Kantong teh bersifat basa dapat menetralisir lingkungan mulut yang asam agar tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan tersebut.

Daun teh  mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan. Terlebih, sisa teh yang diseduh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi, menurut American Academy of Periodontology.

Caranya cukup dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan Anda.