RS Bunda Palembang Rasakan Program SCF, Bukti Optimalisasi Pelayanan BPJS Meningkat

Palembang, LamanQu.com – Program Pembiayaan Tagihan Faskes mitra BPJS Kesehatan (Supply Chain Financing) merupakan program pembiayaan oleh Bank yang khusus diberikan kepada fasilitas kesehatan (faskes) mitra BPJS Kesehatan untuk membantu percepatan penerimaan pembayaran klaim pelayanan kesehatan melalui pengambilalihan tagihan pembayaran sebelum jatuh tempo pembayaran.

Selain membantu cashflow faskes tetap terjaga, SCF juga diharapkan dapat mendorong faskes untuk tetap memberikan pelayanan seoptimal mungkin kepada para peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“Pembiayaan tagihan fasilitas kesehatan Supply Chain Financing yang dilakukan oleh bank sangat membantu dalam pembiayaan rumah sakit. Rumah Sakit Bunda sebagai provider yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan sangat dimudahkan dengan adanya Program SCF ini,” ujar Direktur Utama Rumah Sakit Bunda Palembang Halipah Mahyudin ).

Lebih lanjut Halipah mengungkapkan bahwa proses dalam pengajuan SCF ini sangatlah mudah. Setelah mengajukan permohonan kepada bank yang dituju, maka bank yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan akan meminta kelengkapan berkas yang meliputi surat tagihan biaya pelayanan kesehatan rumah sakit. Ketika berkas telah diterima maka akan dilakukan konfirmasi kepada BPJS Kesehatan setempat terkait tagihan rumah sakit.

Halipah juga mengemukakan bahwa pencairan dana cukup singkat hanya dalam waktu satu hingga dua minggu pengajuan SCF disetujui bank dan dana yang disetujui dapat langsung dicairkan.

Halipah menyarankan untuk rumah sakit lainnya dapat memanfaatkan SCF, karena dapat membantu operasional rumah sakit. Harapannya pelayanan dapat terus dilakukan dengan maksimal, para dokter maupun tenaga medis lainnya yang bekerja dapat menjalankan tugasnya dengan tenang.