8 Besar Liga 2: Semen Padang ke Semifinal dengan Dramatis

Padang, LamanQu.com – Duel dramatis babak 8 besar tersaji di Stadion H. Agus Salim, Padang, Senin (19/11/2018). Semen Padang yang harus menang dengan mengejar minimal dua gol dari tim tamu, Kalteng Putra, untuk lolos ke semifinal, bermain habis-habisan sejak kick-off.

Semen Padang tertinggal lebih dulu pada pertengahan babak pertama melalui gol I made Wirahadi. Beruntung, Kabau Sirah mampu mengembalikan keadaan melalui dua gol penalti Manda Cingi, hasil pelanggaran yang dilakukan pemain tim tamu di babak pertama dan pertengahan babak kedua.

Unggul 2-1 belum cukup bagi Semen Padang lolos ke semifinal. Permainan menekan hingga memasuki injury time yang dilancarkan tuan rumah, akhirnya berbuah manis di menit-menit terakhir.

Semen Padang yang sejatinya mendominasi sepanjang pertandingan mampu menceploskan gol penentu melalui kaki Riski Novriansyah.

Kemenangan ini otomatis mengantarkan tim urang awak ke babak 8 besar bersama bersama Kalteng Putra. Sebab, pada pertandingan lain di Aceh, terjadi drama lainnya, Aceh United mampu menjungkalkan PSMP 3-2.

Dari hasil ini Semen Padang berhak berada di posisi pertama Grup A dengan poin 10 poin, unggul head to head dari Kalteng Putra. Sementara PSMP di posisi ketiga, tetap mengoleksi poin sembilan angka, sedangkan Aceh United finis di posisi buncit dengan poin lima.

Duel Semen Padang versus Kaltim Putra ini sarat drama. Selain laga sarat emosi, pertandingan ini juga menghadirkan fakta lain, yakni strategi mengulur-ulur waktu yang dilakukan tim tamu saat kedudukan 2-1. Alhasil, wasit memberikan perpanjangan waktu hingga delapan menit.

Bersyukur
Seusai pertandingan, pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli, tak berhenti bersyukur atas torehan yang dibukukan anak asuhnya. Mentalitas, semangat juang Hengki Ardiles dkk. menurutnya menjadi kunci kemenangan di hadapan ribuan suporter yang memenuhi setiap sudut stadion.

“Alhamdulilah, kami sangat yakin, manusia hanya bisa berencana, namun keputusan tetap di tangan Allah. Itu saja keyakinan kami, makanya kami habis-habisan berjuang. Mudah-mudahan cita-cita kami lolos ke Liga-1 tercapai,” harap Syafrianto.

Ia mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan beberapa opsi yang akan dilakukan pemain di lapangan dan hal itu dilakukan dengan baik oleh pemain.

“Kami telah menyiapkan beberapa strategi, jika strategi pertama macet, kami akan gunakan yang lainnya. Sejak Hilton masuk, permainan kami berbeda, jauh lebih hidup. Jadi, semua strategi sudah kami latih sebelumnya,” jelas Syafrianto.

Sementara itu, pelatih Kalteng Putra, Kas Hartadi, tak banyak komentar, namun kekecewaan terlihat darinya. “Saya hanya katakan, sepak bola di sini (Padang) sangat bagus sekali,” ujarnya. (bola)