Miris, Irigasi Di Kecamatan Jayakerta Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Karawang, LamanQu.com – Sejumlah masyarakat di Kecamatan Jayakerta, Kabupaten Karawang, Jawa Barat masih aktif membuang sampah rumah tangga ke irigasi, selain itu Masyarakatpun masih memanfaatkan irigasi sebagai tempat Buang Air Besar (BAB), mencuci pakaian dan Mandi. 14/11/18.

Perlunya sosialisasi gaya hidup sehat di masyarakat sepertinya perlu ditingkatkan oleh pemerintah kecamatan Jayakerta bersama Puskesmas setempat. Pasalnya pemandangan setiap hari selalu ada, ada yang membuang sampah ke irigasi, ada yang mencuci pakaian, mandi bahkan ada juga yang BAB.

Seperti yang diungkapkan oleh kepala Puskesmas Jaya kerta, bahwa pemandangan sampah di irigasi, BAB, mencuci pakaian dan mandi sudah menjadi pemandangan setiap hari bahkan seperti budaya atau kebiasaan masyarakat.

“pemandangan seperti itu ya sudah menjadi biasa dan setiap pagi saya selalu melihatnya saat melintasi jalan menuju Puskes Jayakerta” kata Endang Kepala Puskesmas Jaya kerta saat di konfirmasi di kantor Desa Makmur. 13/11/18.

Dampak lain dari sampah dapat menyebabkan penyumbatan di pintu air dan mendatangkan bajir akibat penyumbatan sampah yang dibuang oleh masyarakat ke irigasi. (Um)