BAF Gelar Kompetisi Sains dan Sains Exspo

Tanjung Enim, LamanQu.com – Bukit Asam Foundation (BAF) untuk pertama kali menggelar dua kegiatan yakni kompetisi sains dan sains exspo tingkat Sumatera Selatan (Sumsel) di dalam GOR Bukit Asam Tanjung Enim 7-8 November 2018.

Peserta datang dari berbagai Kabupaten dan Kota di Sumsel, Lahat, Muara Enim, Prabumulih, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Musi Rawas. Acara tersebut dibuka bupati Muara Enim melalui Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Panca Surya Diharta. Dihadiri wakil ketua Bukit Asam, FX Sigit Heri Basuki, H Anipar, Sekretaris H Amirudin Sapuan SH, serta unsur Tripika Kecamatan Lawang Kidul.

“BAF Sains Festival se Sumatera Selatan ini diikuti 117 peserta lomba Sains, dan 20 tim mengikuti Sains Exspo. Ini baru pertama kita gelar, dan kedepan mudah-mudahan bisa menjadi agenda rutin,”kata Ni Wayan Desi, selaku ketua pelaksana kegiatan ini, Rabu (7/11).

Tujuan digelar acara ini, lanjut Ni Wayan, diantaranya untuk ajang kompetisi inovasi ditingkat pelajar SMP, SMA,dan SMK di Sumatera Selatan. Lalu untuk menumbuhkan semangat dan memotivasi para pelajar untuk selalu berprestasi. Kemudian untuk meningkatkan pengetahuan serta wawasan mengenai sains lebih jauh. Selanjutnya, kegiatan ini juga sebagai ajang untuk mempromosikan Bukit Asam Foundation kepada masyarakat di Sumatera Selatan.

“Kami mengucapkan terimaksih atas dukungan Pemkab Muara Enim, PTBA, dan sekolah-sekolah yang sudah berpartisipasi mengikuti BAF Sains Festival ini,”lanjutnya.

Dari Wakil Ketua BAF, FX Sigit Heri Basuki menyampaikan kepada para generasi muda agar bisa menghadapi kemajuan teknologi sekarang ini dengan kreatif dan inovatif. Lalu dapat memanfaatkan teknologi untuk menciptakan sebuah produk inovasi yang dibutuhkan masyatakat sekarang.

Sementara itu, Staf Ahli Pemkab Muara Enim, Panca Surya Diharta sangat mengapresiasi yang digelar Bukit Asam Foundation dalam rangka berperan membatu pemerintah meningkatkan dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim. Hal ini, lanjutnya, seiring dengan visi misi MERAKYAT mewujudkan masyarakat Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, dan Sejahtera.

“Saya berharap nanti bisa ditingkatkan lagi sampai ke tingkat nasional. Untuk menciptakan inovator-inovator bidang sains dan teknologi sesuai perkembangan zaman. Kegiatan ini juga mendorong majunya dunia pendidikan di Kabupaten Muara Enim dalam rangka meningkatkan Indek Pembangunan Manusia melalui dunia pendidikan,”terang Panca.(eko)