Jabatan Komisioner KPU Sumsel 2013-2018 Berakhir

Palembang, LamanQu.com — Acara perpisahan komisioner KPU Sumatera Selatan (Sumsel) periode 2013-2018, di Aula KPU Sumsel, Senin (5/11) berlangsung hikmad dan haru.

Dari lima komisioner, hanya Ahmad Naafi yang tidak hadir dalam acara perpisahan ini.

Acara dihadiri Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnaen Adinegara, Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI Syafrial, perwakilan Kejati Sumsel, Pemprov Sumsel dan KPU Kabupaten/kota se Sumsel.

Ketua KPU Sumsel Aspahani mengucapkan terima kasih atas dukungan kepada mereka selama ini, sehingga bisa menjalankan tugas selama ini,

Sehingga proses pemilu yang ada berjalan lancar dan kondusif.

“Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung kinerja KPU Sumsel,” katanya.

Komisioner KPU Sumsel divisi Program dan Data, Heny Susantih memiliki suka duka luar biasa selama hampir lima tahun duduk sebagai penyelenggara pemilu,

Apalagi dirinya adalah komisioner termuda saat dilantik pada 2013 lalu.

“Saat dilantik di pusat, saya komisioner termuda se Indonesia. Saya terimakasih adanya kebersamaan selama ini, meskipun satu komisioner KPU Sumsel, Ahmad Naafi tidak ada disini,”

“Tapi kami yakin ruhnya ada disini. Saya juga ucapkan terimakasih kepasa sekretariat dan semua staf serta honor, karena kalau tidak disuport kami tidak ada apa- apa,” katanya.

Komisioner KPU Sumsel divisi Teknis, Liza Lizuarni, memiliki pengalaman sebagai komisioner KPU Sumsel terlihat cukup sedih dengan pengabdian selama ini.

Terutama jam kerja yang tidak menentu, dimana dirinya pernah melantik komisioner KPU Kabupaten/kota pada malam hari.

“Pengalamannya, melantik komisioner KPU Mura pada malam hari. Kadang disini mengatur hidup juga susah karena sudah tugas dan resiko kita jadi komisioner.”

“Kita ucapkan juga terima kasih kepada KPUD yang telah mensuport selama ini,” tandas Liza yang sebelum di KPU Sumsel pernah jadi pengawas kecamatan dan Pengawas pemilu Kota Prabumulih.

Sementara komisioner KPU Sumsel divisi Hukum Alexander Abdullah mengaku, banyak tantangan yang dilalui saat menjadi komisioner KPU Sumsel hampir lima tahun ini.

“Pilkada Mura dan Muratara pada 2015, ada timses paslon tidak terima meski TMS pada kesehatan, dan saya jelaskan kalau KPU provinsi adalah koordinator dan hanya menjalankan regulasi saja,” katanya.

Sekretaris KPU Sumsel MS Sumarwan dalam acara perpisahan dengan komisioner KPU Sumsel 2013/2018, sesuai dengan SK nya 7 November ini masa jabatan lima komisioner KPU Sumsel berakhir.

“Selama menjalankan tugasnya, kami tahu betul mereka memiliki integritas yang bisa dipertanggung jawabkan, ini juga dibuktikan denhan sejumlah prestasi KPU yang telah dibolehkan.

“Kami mengucapkan terimakasih pada para komisioner yang telah bekerja keras selam ini,” ujar Sumarwan.

Dia melanjutkan, banyak hal yang telah diperoleh oleh masyarakat khususnya KPU Sumsel, dari para komisioner. Secara fisik, diantaranya halaman parkir, musolah, ruang rapat, penataan ruang kerja teknis dan mobil pintar dan secara non fisik sangat banyak ilmu yang mereka tinggalkan untuk KPU Sumsel.

“Sebagai bentuk penghargaan, kami meminta kehormatan pada komisioner untuk memberi nama pada fasilitas tersebut,” katanya.

Sementara itu Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain Adinegara dalan kata sambutannya juga memberikan apresiasi atas kinerja komisioner KPU Sumsel. Menurutnya, kesuksesan Pemilihan di Sumsel hingga berjalan aman dan kondusif, 70 persennya dari KPU, Sumsel sangat bersyukur mendapati para komisioner yang berintegritas dan tegak lurus menjalankan tugasnya. “Kami ikut menjadi saksinya, integritas dan netralitas anggota KPU Sumsel patut dibanggakan, ” kata Kapolda.

Selama bekerja sama dengan KPU, dia sangat mendapati sosok yang tegas, tenang dan dapat memposisikan diri dalam setiap kondisi, menciptakan kondisi yang kondusif dalam mengamankan suara rakyat. “Saya bersyukur bisa hadir langsung di acar perpisahan ini, semoga komisioner ya.g baru nanti bisa meneruskan kinerja uang telah berjalan dengan baik ini,” kata Kapolda.

Sedangkan Asisten III Pemprov Sumsel Edward Juliarta mengapresiasi pelaksanaan pemilu yang diselenggaran KPU Sumsel berjalan aman dan sukses.

Apalagi kemarin pemilukada di Sumsel sukses karena karena penyelenggaranya tegak lurus. (Ril)