Penghijauan Areal Kuburan Bangko Tanjung Enim

Tanjung Enim, LamanQu.com – Jajaran Kecamatan Lawang Kidul bersama PT Bukit Asam (PTBA) melaksanakan kegiatan penghijauan di area kuburan TPU Bangko Barat Tanjung Enim, Jumat (2/11). Dalam rangka mensukseskan program menanam 1000 pohon penghijauan di areal sekitar tambang batubara PT Bukit Asam. Kegiatan ini melibatkan unsur Tripika, bersama masyarakat dan komunitas pemuda.

Dari unsur pemerintahan kecamatan Lawang Kidul hadir, Camat Drs Rahmad Noviar MSi, jajaran Kepala desa, Lurah, kepala UPTD, dan pegawai pemerintah. Selanjutnya, Kapolsek, Danramil, KUA, dan dari PT Bukit Asam dihadiri jajaran CSR PTBA serta SM CSR Kanthi Miarsho. Serta melibatkan ratusan pelajar SMA dan SMK disekitar Tanjung Enim.

Camat Lawang Kidul, Rahmad Noviar mendukung program penanaman 1000 pohon penghijauan disekitar tambang. Salah satunya ditempatkan di areal TPU Bangko Barat Tanjung Enim. Dengan tujuan adalah menciptakan lingkungan yang asri dalam rangka menyongsong Tanjung Enim Kota Wisata.

“Pemerintah mengapresiasi program PTBA menanam 1000 pohon penghijauan di sekitar tambang. Dalam rangka mengembalikan lahan bekas tambang menjadi kawasan hutan. Ditempat ini juga kami melakukan kegiatan jumat bersih program pemerintah kabupaten Muara Enim,”kata Rahmad.

Kegiatan diawali dengan menggelar senam massal bersama mulai pukul 07.00 WIB jumat lalu. Melalui kegiatan ini Rahmad mengajak seluruh lapisan masyarakat di Kecamatan Lawang Kidul untuk menggalakkan gotong royong di lingkungan masing-masing. Selanjutnya, menjaga kebersihan dalam rangka mendukung Tanjung Enim menjadi Kota Wisata.

“Melalui kegiatan ini kami memberikan contoh kepada masyarakat, mengingat kesadaran gotong royong menjaga kebersihan di lingkungan masyarakat kini masih rendah. Apalagi, untuk menjadi kota wisata dimulai dari kebersihan lingkungan, sehingga orang luar betah berada di Kota Tanjung Enim,”ujarnya.

Sementara itu, SM CSR PTBA, Kanthi Miarsho menerangkan, kali ini PTBA melakukan penghijauan di seputar TPU Bangko Barat Tanjung Enim dengan tanaman bambu sebagai perindang. Kata dia, dalam rangka mennyongsong kota wisata.

“Dengan menanam pohon bambu nantinya bisa bermanpaat untuk membuat kerjinan tangan yang mana nanti hasilnya bisa di jual, apalagi sekarang PTBA lagi giatan giatnya membangun untuk menuju tanjung enim kota wisata,” tuturnya.

Herawati, selaku masyarakat Lawang Kidul, menyambut baik apa yang di Iakukan pihak kecamatan dan PTBA, memang penting adanya penghijauan karena lokasi berada di sekitar tambang batubara.

“Sangat penting sekali ada penghijauan di sini ya, karena TPU Bangko ini dekat dengan tambang,”kata Herawati. (eko)