Cari Kebahagian Dengan Caramu Sendiri, Cara Berikut Sebagai Pelengkapnya

Palembang, LamamQu.com-Tak selamanya hidup ini seperti yang kita harapkan, terkadang rencana yang kita buat tak selalu realita. Manusia memang hanya bisa berencana, namun bisa saja takdir berkata lain. Kata pepatah dosen bahasa Inggris ku dulu “Man Purposes God Disposes”.
Apa yang dirasakan saat apa yang diharapkan malah tak bisa terwujud? Tentunya hanya rasa sedih dan kecewa yang menyelimuti silih berganti bermunculan.

Rasa sedih memang seringkali menyeruak dan melihat bahwa hidup seperti tak pernah berpihak pada kehidupan kita sendiri, ketika melihat orang lain bahagia rasanya seringkali membuat kita ingin seperti mereka karena mereka terlihat lebih bahagia hidupnya dari kita. Tak jarang keluhan demi keluhan tercipta saat apa yang diinginkan tak seperti yang diharapkan.
Apa itu bahagia? Apakah setiap orang bisa merasakan bahagia? Jawabannya tentunya bisa. Lalu apa sih cara menemukan rasa bahagia agar kita senantiasa bahagia menjalani kehidupan? Berikut paparannya.

1. Setiap Orang Punya Kebahagiaan Tersendiri

Setiap orang pasti bisa bahagia, namun cara untuk bahagia setiap orang tentu tidaklah sama. Untuk itulah temukan cara kebahagiaan kita sendiri, bahagianya kita belum tentu sama dengan kebahagiaan orang lain. Misalkan orang yang selalu dicintai tentu senang bersama orang yang dicintainya, sedangkan orang yang suka dengan pekerjaan tentunya bahagia dengan pekerjaannya. Jangan sedih bila orang yang kita suka malah cintanya dengan orang lain, sebab bisa jadi bahagianya diri kita bukan untuk dia tetapi untuk orang lain yang layak mendapatkan kebahagiaan dari kita.

2. Memandang Peristiwa pada Sudut Pandang yang Tepat

Bekal selanjutnya untuk menemukan cara bahagia adalah temukan sudut pandang yang tepat dalam menghadapi permasalahan yang ada dalam kehidupan. Tempatkan diri kita pada sudut pandang positif dari peristiwa dalam kehidupan ini agar kita bisa membuat kita bahagia dan merasa beruntung selalu, jangan sampai kita malah salah menempatkan sudut pandang diri kita dalam menghadapi permasalahan yang ada, karena itu akan membuat kita terpuruk dan bersedih hati.

3. Bersyukur

Bersyukur memang peranannya penting dalam setiap kehidupan yang kita jalani. Syukur merupakan salah satu dari sekian hal yang menjadi solusi dalam menghadapi setiap permasalahan hidup termasuk cara untuk bisa bahagia. Sertakan rasa syukur dalam kehidupan kita agar kita bisa nyaman dan merasa bahagia dalam menjalani kehidupan

4. Adaptasi dan Biasakan Diri

Hidup ini memang terkadang tak bisa kita tebak, untuk itulah kita harus siap dalam hal apapun. Tentunya kita harus siap menghadapi setiap rintangan dan permasalahan hidup yang ada agar kita tidak larut dalam kesedihan yang bisa saja menjebak kita untuk tidak bisa nyaman dan bahagia dalam menghadapi kehidupan. Dari setiap permasalahan yang hadir tentunya kita harus belajar dan terus memperbaiki diri untuk beradaptasi dan membiasakan diri dengan keadaan.

5. Kenali dan Pahami Apa yang Bisa Buat Kita Bahagia

Setiap orang punya kebiasaan sendiri yang bisa membuatnya bahagia, untuk itulah kita harus mengenal diri kita lebih jauh dan bisa tahu apa yang bisa membuat kita bahagia entah itu melalui sikap atau kebiasaan kita. Hanya diri kita sendiri yang lebih tahu tentang diri kita termasuk cara membuat kita bahagia, bukanlah orang lain.

6. Luaskan Pemikiran

Hidup ini tidaklah sesempit yang diri kita, maka luaskan pikiran kita agar bisa memahami arti kebahagiaan itu. Caranya meluaskan pikiran kita bisa melalui belajar atau mengenal banyak orang. Seringkali pemikiran yang sempitlah membuat seseorang mudah emosi, merasa iri dan hal lain sebagainya. Maka bukakanlah pikiran kita untuk meluaskan pikiran dan mengenal jauh tentang kehidupan agar kita bisa enjoy menjalani setiap perjalanan hidup.

Demikian paparan tentang cara untuk bahagia, untuk itulah temukan cara bahagiamu sendiri dan senantiasa senang menjalani hidup ini. (JL)