Liverpool Vs Red Star 4-0, Mohamed Salah Borong 2 Gol

Jakarta, LamanQu.com – Penyerang Liverpool, Mohamed Salah, memborong dua gol saat mengantarkan timnya membantai Red Star Belgrade (Crvena Zvezda) dengan skor 4-0 dalam laga lanjutan penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Kamis dinihari WIB. Ia sekaligus mencetak gol ke-50 untuk Liverpool.

Liverpool tampil dominan di laga itu. Roberto Firmino membuka keunggulan The reds, yang diselingi dwigol Salah, lalu ditutup dengan gol Sadio Mane.

Hasil itu membuat tim besutan Juergen Klopp meraih enam poin dan merangkak ke puncak klasemen, lantaran di laga lain Paris Saint-Germain (4) berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 kontra Napoli (5). Sementara itu, Red Star (1) harus puas tetap di dasar klasemen.

Jawara Serbia memasuki pertandingan dengan pendekatan yang agresif, namun tendangan sentuhan pertama Srdjan Babic menyambut sepak pojok Lorenzo Ebilicio pada menit 17 masih melambung di atas mistar gawang.

Tiga menit kemudian Liverpool membuka keunggulan lewat Firmino. Berawal dari umpan terobosan terukur yang dilepaskan Xherdan Shaqiri ke sisi kiri, Andy Robertson meneruskannya ke dalam kotak penalti.

Bola diterima Firmino dan dikendalikan lewat satu sentuhan sebelum diselesaikan dengan sepakan keras yang sempat membentur kerumunan pertahanan Red Star sebelum mengecoh kiper Milan Borjan dan melesak ke dalam gawang.

Semenjak gol tersebut, praktis kendali pertandingan beralih di tangan Liverpool sepenuhnya, namun mereka harus menunggu hingga pengujung babak pertama untuk menggandakan keunggulan lewat gol pertama Salah.

Umpan panjang yang dilepaskan Georginio Wijnaldum dipantulkan dengan manis oleh Shaqiri kepada Salah yang berdiri cukup bebas untuk melepaskan tembakan keras ke sudut atas tiang jauh.

Lima menit memasuki babak kedua, Liverpool mendapatkan keuntungan ketika wasit Daniel Siebert mendakwa Filip Stojkovic menjatuhkan Mane di dalam area terlarang.

Salah yang menghadapi bola dengan dingin mengecoh Borjan dan membawa Liverpool unggul 3-0 atas Red Star. Gol tersebut sekaligus merupakan gol ke-50 Salah bersama Liverpool di semua kompetisi.

Empat menit kemudian, sebuah umpan lambung terarah dilepaskan Fabinho dan disambut tendangan lob oleh Trent Alexander-Arnold yang sayangnya masih terlalu rendah dan mudah dijangkau Borjan.

Liverpool kembali memperoleh kesempatan dari titik putih pada menit ke-76 setelah El Fardou Ben divonis menyentuh bola dengan tangan di area terlarang, namun eksekusi Mane berhasil ditebak oleh Borjan dan bola yang ditepisnya sempat membentur mistar gawang sebelum kemudian sambaran Mane melebar dari sasaran.

Akan tetapi Mane akhirnya turut mencatatkan namanya di papan skor ketika ia meluncur demi menyontek bola umpan kiriman Daniel Sturridge di hadapan Borjan pada menit ke-80. Liverpool empat, Red Star nol.

Dua peluang lagi diperoleh Liverpool pada menit-menit akhir pertandingan, sayangnya tembakan Sturridge masih tepat mengarah ke pelukan Borjan, sedangkan sepakan Mane masih menyamping dari sasaran.

Susunan pemain:
Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Virgil van Dijk, Andy Robertson (Alberto Moreno); Xherdan Shaqiri (Adam Lallana), Fabinho, Georginio Wijnaldum; Mohamed Salah (Daniel Sturridge), Roberto Firmino, Sadio Mane. Pelatih: Juergen Klopp.

Red Star Belgrade (4-2-3-1): Milan Borjan; Filip Stojkovic, Srdjan Babic, Milos Degenek, Marko Gobelijc; Nenad Krsticic, Branko Jovicic (Goran Causic); Slavoljub Srnic, Lorenzo Ebecilio (Dusan Kovancic), El Fardou Ben (Vejko Simic); Richmond Boakye. Pelatih: Vladan Milojevic. (tempo)