Hari Pertama Gubernur dan Wakil Gubernur Sumsel Masuk Kantor, Ini Pembagian Kerja Keduanya

Palembang, LamanQu.com — Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), Herman Deru dan Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya masuk Kantor Gubernur Sumsel di hari pertama, Rabu (3/10/2018).

Mengenakan kemeja coklat dan celana hitam, Herman Deru tiba di kantor Pemprov Sumsel sekitar pukul 13.00 WIB dan langsung disambut Sekda Sumsel Nasrun Umar. Setelah hanya beberapa saat masuk ke ruang kerjanya, Herman Deru menuju ke ruang kerja sang wakil.
Keduanya melakukan peninjauan dan rapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Usai rapat Herman Deru mengatakan, bahwa hal tersebut akan menjadi kegiatan rutin dia lakukan bersama dengan Wakil Gubernur Sumsel. Untuk porsi tertentu Deru yang menjelaskan bingkainya saja, sedangkan Mawardi Yahya akan mengulas lebih jauh.

“Kalau saya nantinya cenderung akan sering kelapangan dalam kesehariannya. Ke kantor itu kalau memang harus ada yang ditanda tanggani,” ujar Herman Deru.

“Namun, menurutnya, ” bukan berarti ini lepas dari kontrol saya semua dibawah pengawasan saya”.
Ia pun berharap kedepannya staf staf ini harus bekerja dengan nyaman dibawah kepemimpinannya.

“Yang saya sampaikan tadi salah satunya tentang bagaimana bekerja itu harus nyaman dan chemistry-nya harus terbangun. Kalau gak ada chemistry tentunya gak akan nyaman,” ungkapnya.
Setelah hanya beberapa saat masuk keruang kerjanya, Deru Dalam perbincangan bersama Mawardi Yahya dan didampingi Nasrun Umar, berbicara tentang bangunan kantor Pemprov Sumsel.

“Ini sudah termasuk cagar budaya, karena sudah diatas 50 tahun. Kalau bisa atapnya dikembalikan seperti semula. Bangunan inikan saat era pak Asnawi Mangkualam (Mendiang Guburnur Sumsel) dibuat menyerupai bangunan Hotel Indonesia,” ujar gubernur.
Selanjutnya, gubernur dan wakil serta sekda, melihat kondisi bangunan lain. Mulai dari kolam dan ruang media center tempat berkumpulnya awak media,
“Lah berapo lamo ruangan ini, Exhauest (Pembuang Udara) nyo bae lah parah nian,” kata Deru kepada awak media.
Dalam kesempatan Herman Deru juga meminta agar kepala OPD tidak terpengaruh dan khawatir dengan kehadirannya sebagai pemimpin baru di Sumsel. Dia meminta semua Kepala OPD bekerja secara profesional sesuai bidangnya masing-masing dan terpenting para staf ini diminta meningkatkan loyalitas semaksimal mungkin dalam bekerja membangun Provinsi Sumsel tercinta.
Barulah, setelah itu gubernur dan wakil serta sekda masuk ke Ruang Bina Praja, untuk memimpin rapat bersama semua kepala dinas
Di hadapan seluruh kepala OPD yang hadir Gubernur Sumsel herman deru sedikit menapak tilas balik perjuangan bagaimana ia bisa sampai menjadi Gubernur. Cerita itu dimulai dari khayalannya sejak duduk di bangku sekolah dasar.
“Jangan takut digeser. Tapi saya ingin semuanya profesional dan loyalitas. Itu syarat wajib,” tegasnya.

Lebih jauh Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan bahwa dirinya sangat yakin pejabat provinsi lebih smart karena jangkauanya lebih luas. Karena itu diapun mengaku lebih percaya diri menjadi gubernur.
“Saya tentu lebih percaya diri karena saya didampingi para pejabat mumpuni bidangnya yang diangkat berdasarkan kemampuan. Karena saya diangkat melalui proses politik yang panjang, jadi tahu betul,” tutupnya. (RS)