Media Center Asian Games 2018 Tampung 1000 Awak Media, Tidak Lama Lagi Simulasi Segera Dilakukan

Palembang, LamanQu.com – Sepuluh hari menjelang Asian Games 2018, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terus melakukan penyempurnaan sarana prasarana baik di venue maupun non venue, salah satunya yaitu persiapan Sriwijaya Promotion Center (SPC) sebagai pusat informasi Media Center mengenai Games Time Asian Games 2018 bagi awak media lokal maupun internasional.

Sebagai Penanggung jawab Sriwijaya Promotion Center, Direktur IT, Broadcasting, dan Medsos sekaligus Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumsel, Dr. Inanda Karina mengungkapkan akan melakukan simulasi kesiapan semua fasilitas pendukung di SPC, seperti internet, listrik, antisipasi kebakaran dan fasilitas pendukung lainnya untuk mengantisipasi kendala yang akan terjadi pada saat Asian Games 2018 berlangsung, jelasnya pada saat menerima kunjungan OPD dan stakeholder terkait. Rencananya simulasi akan dilaksanakan pada hari rabu, 8/8 di SPC.

“Saat ini, kami sedang menyiapkan simulasi fasilitas media center di Gedung SPC yang sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) agar media center dapat digunakan dengan baik oleh kurang lebih 1000 media lokal, nasional, maupun mancanegara pada saat Asian Games 2018 berlangsung”, ucapnya.

Inanda menambahkan Tim panitia daerah juga akan melakukan pengecekan mengenai kesiapan akses internet yang telah disediakan di venue-venue Jakabaring Sport City. Perlu kami iinformasikan bahwa segala fasilitas akses wifi dapat digunakan dengan gratis oleh awak media agar memudahkan mereka untuk memperoleh informasi seputar Asian Games 2018.

“Tidak ada perbedaan perlakuan antara wartawan nasional maupun mancanegara dalam pemberian informasi, kecuali hak siar hanya diberikan kepada media yang telah memiliki hak siar resmi dan terakreditasi dari INASGOC yaitu Indosiar, SCTV, TVRI, MetroTV, dan TVOne. Sedangkan untuk media-media lain ada aturan tersendiri terkait tata cara penguploadan gambar dan larangan live streaming”, jelasnya.

Tim Panitia daerah terus berkoordinasi dengan Dinas Pemadam Kebakaran Kota Palembang terkait persiapan antisipasi kebakaran yaitu dengan mengecek kesiapan hydrant, alarm kebakaran, kesiapan air hydrant, Alat Pemadam Api Ringan (APAR), dan pemasangan penunjuk fire exit.

“Terkait kesiapan Listrik di Gedung SPC, telah disiapkan berbagai fasilitas yang dapat mengbackup pemadaman listrik yaitu listrik multiguna untuk mengbackup instalasi perangkat media center, menyiapkan dua penyulang untuk mensuplai listrik, dan genset. Diharapkan fasilitas-fasilitas tersebut dapat mencegah terjadinya pemadaman listrik DI Gedung SPC selama games time Asian Games 2018”, pungkasnya. (sumselprov.go.id/Rahmat)