Miliki Nasionalisme Wawasan Kebangsaan, Liza Sako Terpanggil Untuk Asian Games 2018

Reporter: Fandi | Editor: Arjeli, SS

Palembang, LamanQu.com-Kurun Waktu kurang dari tiga minggu lagi perhelatan internasional Asian Games 2018 akan dimulai, cukup banyak dukungan dari semua pihak, mulai instansi pemerintah, swasta, institusi pendidikan, profesionals dan tokoh masyarakat agar sukses penyelenggaraan ajang bergensi ini. Seperti yang dilaksanakan oleh Inasgok  dan Tokoh Perempuan Palembang Liza bertempat di Ranau Venue Jakabaring Sport City, Senin (23/7/18)

Acara  ‘Job Specification Training for Volunteer in Venue Environment of Asian Games 2018’  yang diusung oleh Venue & Enviroment Department Comittee berupa penyampaian pengetahuan dan pelatihan kepada para relawan venue. Liza Sako sendiri selain sebagai Tokoh Perempuan dalam social image di mata masyarakat, dia juga mengantongi segudang pengalaman mengenai sumber daya manusia.

Pada kegiatan ini kemampuan Hospitality Industry Liza, bak mendendangkan lagu lama, materi seperti Self confidence Building, character building, Communication skill, City branding  and public service, membuat hampir 300 peserta Volunteer merasa enjoy dan fun dibuat nya.

Selain itu ditambah dengan dinamika kelompok menjadikan semua peserta merasa Indonesia sekali, nuansa Pancasila dan Kebhinekaan makin terasa. Mereka yang berlatar belakang profesi mahasiswa, pelajar, berbagai agama dan daerah dari pelosok negeri seperti Makasar, Jogja, dan lain lain berbaur satu warna dukung dan sukseskan Asian Games 2018 demi kejayaan dan harumkan nama bangsa dimata Internasional.

“Kita ingin Asian Games ini sukses dan sukses dalam arti kata keamanan kondusif nyaman”, ujar Liza Sako ketika dimintai keterangan akan tujuan acara ini. Liza melanjutkan, “karena ini pertaruhan nama besar bangsa Indonesia artinya kalau selama ini orang luar tahu Indonesia itu cuma Jakarta dan Bali saja tapi tidak demikian kan, mereka tahu Indonesia ada Palembang dan ada Sumatera Selatan, seperti apa ramah, santun dan rupawan masyarakat Kota Palembang”, beber Liza.

Suasana Fun and Friendly Training Volunteer for Asian Games 2018 Palembang

Ditanya dari sudut pandang Ibu Liza sebagai tokoh Perempuan yang lebih dikenal pemerhati Urban Woman ini mengenai dampak besar apa dari event besar ini dimasa akan datang, Liza mengatakan jika bicara dampak ini benar akan ada dampak baik yang besar ada jaka pendek dan ada jaka panjang.

” Tindak tanduk kita orang Palembang saat tanpa kita sadari kita sedang diawasi dan di nilai dunia loh”, beber Liza.  “Jadi apa yang bisa kita berbuat, lanjut Liza, ” ya berbuat ramah tamah saja dulu itu sudah berkesan ketika mereka pertama menginjakan kaki ke Bumi Sriwijaya ini, itu paling utama”.

“Itu lah saya tegaskan untuk mengajak masyarakat Kota Palembang khususnya dan Sumsel umumnya, untuk bisa lebih ramah tamah menyambut tamu-tamu Asian Games ini.

“Kemudian jangkah panjangnya setelah mereka pulang ke negara asal mereka akan cerita Palembang bisa volunteer, Palembang is  Friendly”, jelas Liza yang juga fasih bahasa Inggris ini.

Sedikit disinggung mengenai pandangan dia sebagai Tokoh Gerakan perempuan khusus nya di Even Asian Games ini, “Insya Allah perempuan Sekarang sudah maju dan tak tertinggal”, “saatnya lanjut Liza, “kaum perempuan terlibat dalam semua event terlebih lagi even besar  Asian Games ini.

“Saya lihat banyak sekali perempuan-perempuan terlibat disini, ya mungkin para perempuan-perempuan lebih terkenal dengan ramah tamah nya ya, bisa berbicara dengan baik, maksud saya bukan deskriminatif loh”, canda Liza sambil berlalu dari hadapan awak media.

Turut Hadir sebagai pembicara adalah Dandim Letkol Inf Honi Havana, M.MDS, menjelaskan ketika diwawancara kata nya dia mendapatkan materi tentang wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

“kan mereka para volunteer ini diharapkan betul betul bekerja atas nama bangsa dan negara, mereka harus punya komitmen besar dalam hal ini”. “Seperti hal nya para prajurit, lanjut nya, “Tak kenal lelah selalu melayani keutuhan bangsa dan negara ini”, ujar Honi.

Ketika ditanya mengenai keterlibatan TNI pada Asian Games 2018 ini, kata dia TNI bersama Polri sesuai dengan bidang nya keamanan dan membuat semua merasa aman dan nyaman.

“kita siapkan pasukan dititik yang beresiko keributan seperti tempat karaoke dan sebagai nya”, namun sebenarnya, lanjut Hono, “kerja Kodim bukan hanya di venue venue saja tapi diseluruh wilayah Kota Palembang ini, pungkas TNI Infateri bermelati dua ini.