Tetap ‘Humble” Akhmad Najib Ditunjuk Kembali Pj Walikota Palembang

Palembang, LamanQu.com – Masa jabatan Walikota Palembang, H Harnojoyo beserta Wakil Walikota Palembang, Fitrianti Agustinda berakhir hari ini, Sabtu (21/7). Kekosongan jabatan bakal diisi oleh Pj Walikota yang direkomendasikan oleh Gubernur Sumsel ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) 30 Mei lalu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, dari tiga nama yang diusulkan Gubernur, nama Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Najib terpilih untuk menjabat sebagai Pj Walikota Palembang hingga pelantikan Walikota Palembang terpilih.

Ini berdasarkan Surat Keputusan Kemendagri No. 131.16/1964 Tahun 2018 tentang Pengangkatan Pejabat Walikota Palembang dan SK No. 131.16/5824/OTDA yang ditandatangani Diretur Jenderal Otonomi Daerah, Sumarsono.

Pengangkatan Akhmad Najib sebagai Pj Walikota Palembang tersebut sudah diprediksi sebelumnya. Selain karena telah berpengalaman sebagai Pjs Walikota selam 4 bulan, Gubernur Sumsel, Ir H Alex Noerdin telah mengisyaratkan Akhmad Najib sebagai Pj Walikota. Alex menyebutkan jika sosok Pj Walikota merupakan pejabat yang sudah senior serta berpengalaman sehingga mampu menjaga stabilitas pelayanan di Pemerintah Kota Palembang.

“Apalagi mendekati Asian Games ini, kondusifitas keamanan di kota Palembang harus dijaga” kata Alex.

Sementara itu, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Akhmad Najib mengaku jika dirinya sudah mendapat informasi dari sejumlah pihak jika dirinya ditunjuk sebagai Pj Walikota Palembang.

“Kalau saya prinsipnya sebagai abdi negara siap menjalankan amanah apapun dari pimpinan. Sebenarnya sudah banyak yang ngomong dengan saya kalau ditunjuk lagi. Tapi saya hanya bilang siap menjalankan tugas,” terangnya.

Terkait proses pelantikan dirinya, Najib mengaku belum mendapat informasi detail. “Kalau itu silahkan langsung sama atasan saya. Saya kurang tahu,” ucapnya.

Untuk tugas sebagai Pj Walikota Palembang, Najib mengaku akan konsen mensukseskan perhelatan Asian Games 2018 di Palembang. “Sebentar lagi kan Asian Games, jadi kita harus jaga ketertiban dan mendukung pelaksanaan Asian Games,” pungkasnya