Bebas Tapi Berbatas, Aturan Awak Media Untuk Asian Games 2018

Reporter: Amir | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – Dalam memberikan pemahaman kepada para wartawan media lokal  maka disosialisasikan aturan-aturan peliputan dan pemberitaan di media center untuk kesiapan Asian Games XVIII 2018 di Palembang.

Kegiatan itu  dilakukan adalah berupa Pelatihan Jurnalistik kepada para awak media cetak, elektronik serta online dalam memberikan informasi kepada publik, di hotel Duta Palembang, Senin (16/7/2018)

Selaku Media Publik Relation Inasgoc, Lucky I Mirza mengatakan, ada sekitar 5.000 media yang akan meliput pada Asian Games nanti, yang sudah terakreditasi sekitar 4.621 media baik itu lokal, maupun media luar negeri.

“Untuk media lokal di Indonesia ada 1.500, luar negeri 2.500 media, sedangkan 1.000 yang tidak mengikuti NOCs seperti AFV, Reuters, ABC, BBC dan lain lainnya,”ujar Lucky didampingi Kadis Kominfo Sumsel,  Inanda Karina.

Lucky juga menjelaskan, dalam aturan permainan dalam media center untuk Asian Games 2018, rekan-rekan media khususnya untuk TV lokal itu ada keterbatasan dalam peliputan, karena memang sudah ada aturan dari OCA.

“Bisa masuk ke dalam tapi batas sub MPC media center saja, yaitu dimana tempat media bekerja, tapi untuk ke venue pertandingan, Press Tribune, Press Conference itu belum bisa masuk untuk membawa kamera, tetapi kalau untuk orangnya itu boleh masuk,” terang lucky

Bahkan, Larangan lainnya yang tidak diperbolehkan seperti siaran live radio, interview, sosial media, streaming pertandingan dan lain-lain.

“Apabila melanggar konsekuensinya jika tidak menaati aturan nantinya akan ada petugas pengawas di lapangan untuk memberikan peringatan.

Diharapkan para rekan media bisa dapat bekerja sama khususnya untuk media televisi,” harapnya

Selain itu, untuk informasi lebih lanjut disediakan di bagian media center seperti informasi profil atlit, foto-foto pertandingan baik Jakarta maupun Palembang, Press Scot dari para atlit, informasi tentang berita-berita pendek dan skor hasil pertandingan serta berbagai informasi sudah ada di media center itu.

“Dalam hitungan tidak begitu lama setelah 10 menit pertandingan informasi itu sudah ada,” paparnya

Media luar negeri rencana akan tiba di Jakarta-Palembang mulai  10-11 Agustus. Karena pertandingan pertama dimulai tanggal 13 Agustus yakni permainan handsball bola tangan yang akan diadakan di Cibubur nantinya,” ujarnya memberikan penjelasan.