Apps Lapor! (Android) Sebagai Bentuk Komitmen Pemerintah Dalam Pengaduan Pembangunan Dan Pelayanan Publik

Reporter: Rahmat Septiawan | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com- Dalam rangka pengawasan pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) gelar sosialisasi tentang Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR!-SP4N), mengambil tema #GerakanSadarLAPOR, bertempat di Car Free Day area Taman Kambang Iwak Palembang, minggu 15 Juli 2018.

Gubernur Sumsel, Alex Noerdin melalui Asisten Bidang Administrasi dan umum Pemprov Sumsel, Edwar Juliarta menyampaikan dalam sambutannya, acara ini dapat memperkenalkan LAPOR!-SP4N sebagai kanal pengelolaan pengaduan pelayanan publik nasional berdasarkan Peraturan Menteri PANRB No 3 tahun 2015 pada masyarakat Sumatera Selatan.

“Kegiatan sosialisasi ini juga diselenggarakan serentak di tujuh kota di Indonesia yakni Jakarta, Makassar, Surabaya, Bandung, Cirebon, Banjarmasin dan Palembang yang bertujuan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam membantu pembangunan pelayanan publik yang baik,” Jelas Edwar.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Kirana mengatakan menegaskan LAPOR!-SP4N adalah sebagai sarana menyampaikan aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang dijalankan dengan prinsip mudah, terpadu, dan tuntas dengan dikelola dan dikembangkan oleh Kementerian PANRB bersama Kementerian Dalam Negeri, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman RI.

“Apabila masyarakat sudah mengenal LAPOR ini, diharapkan bisa memanfaatkan kanal tersebut untuk melakukan pengaduan,”lanjutnya.

Kepala Dinas Kominfo Sumsel, Inanda Kirana saat mensosialisasikan (LAPOR!-SP4N) di area Taman Kambang Iwak Palembang

Inanda menyampaikan, aspirasi dan pengaduan masyarakat dapat melalui sarana berikut yakni situs www.lapor.go.id, sms ke 1708, mobile apps LAPOR! (Android), kalau melewati twitter @LAPOR1708 dengan menyertakan tagar #lapor dan saluran pengaduan lain yang telah diintegrasikan.

“Uraikan secara jelas laporan, buat waktu kejadian, gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, sertakan bukti laporan,” Ungkapnya.

Download aplikasi mobile LAPOR! untuk smartphones Anda, dan dapatkan kemudahan melapor kapan saja, di mana saja!

Senada dengan Ketua Ombudsman Sumsel, M.Adrian Agustiansyah.SH dengan gerakan ini bisa membantu kerja ombudsman dalam pengawasan pelayanan publik.

“Harapan saya masyarakat Sumsel bisa menggunakan aplikasi ini untuk melaporkan kinerja pelayanan publik demi peningkatan pelayanan itu sendiri,” tutupnya.