Ikut Yuk Kontes Jadi Duta Supporter Indonesia Pada Asian Games 2018

Reporter: Amir | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – Asian Games 2018 sebagai ajang Pesta Olahraga Se-Asia yang digelar di Indonesia tinggal menghitung hari. Demam “Energi Asia” sudah mulai terasa di Indonesia. Bukan hanya Jakarta dan Palembang yang sibuk menyiapkan arena patandingan. namun sejumlah kota di Jawa Barat pun mendukung perhelatan akbar ini.

Sejak tahun 2014 lndonesia telah ditunjuk OCA (Komite Olimpiade Asia) menggantikan Vietnam selaku tuan rumah Asian Games XVIII, maka Jakarta dan Palembang serta kota kota di Jawa Barat berbenah diri untuk menyelenggarakan event olahraga terbesar dalam sejarah Asia ini.

Mulai 18 Agustus sampai dengan 2 September 2018, lndonesia akan kedatangan sedikitnya 11.000 atlet dan official dari 45 negara. Para olahragawan tersebut akan berlaga di 465 nomor pertandingan dalam 40 cabang olahraga standar olimpiade maupun cabang olahraga khas Asia. Demam Asian Games ini melanda publik Tanah Air, dan membuat Indonesia menjadi sorotan dunia.

Menurut panitia penyelenggara Asian Games (lnasgoc), dari jumlah nomor pertandingan tuan rumah menyediakan setidaknya 80 arena pertandingan (venues). Sebagian besar arena itu terpusat di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta dan kompleks Jakabaring Palembang. Dalam waktu kurang lebih tiga setengah tahun, lnasgoc bersama seluruh jajaran kementerian, lembaga,pemerintah daerah, swasta, cabang olahraga, komunitas dan industri kreatif bahu membahu menyukseskan Asian Games ini, ratusan ribu hingga jutaan orang secara tak langsung pun ikut dilibatkan.

Oleh karena itu, Presiden joko Widodo berharap Asian Games serta Asian Para Games 2018 di lndonesia sukses dalam penyelenggaraan, prestasi, administrasi, dan ekonomi. Demi kesuksesan tersebut, pemerintah menggelontorkan dana hingga 3 triliun dari APBN untuk membenahi sejumlah venue atau membangun arena baru maupun fasilitas pendukungnya seperti asrama atlet, infrastruktur, teknologi informasi dan transportasi.

Mengingat waktu tinggal beberapa hari ini menjelang pembukaan Asian Games, pada Juli ini diharapkan seluruh arena pertandingan sudah siap difungsikan. Hal tersebut diungkapkan Menteri Kominfo Rudiantara dalam konferensi pers Progres dan Kesiapan Asian Games 2018 di Wisma Atlet Jakabaring, Sabtu (7/718).

Rudiantara mengatakan, di Palembang ada 14 venues yang dipakai. Secara umum pembangunannya sudah selesai dan dari sisi logistik juga telah siap. “Di Jakarta kita pikirkan cara yang paling optimal bagi atlet dan official,” kata Rudiantara.

Rudintara menjelaskan, tanggal 5 Agustus operator sudah siap jaringannya. Untuk panitia, disediakan Telkom, wifi gratis dan tidak ada password.  “Orang Indonesia tidak mau menunggu lama. Kita harus menyediakan infrastruktur memadai,” ujarnya.

Menurut Rudiantara, Palembang yang hebat sarana infrastruktur pendukung Asian Games. “Pada ajang Asian Games 2018, duta suporter Indonesia mengajak masyarajat Indonesia untuk mensosialisasikan Asian Games. Dalam kontes ini, kita pilih 68 orang dari 34 provinsi, masing-masing ada dua perwakilan yakni satu laki laki dan satu perempuan,” terangnya.

Rudiantara menjelaskan, yang ingin menjadi duta suporter Asian Games Indonesia bisa mengunduh melalui geogle play store. Setelah mengisi biodata maka akan menjadi duta suporter Indonesia.

“Jika sudah menjadi duta suporter Indonesia, tugasnya mensosialisasikan Asian Games. Duta ini minta vote dari followernya. Setiap minggu ada 10 pemenang. Seluruh provinsi kita ikutkan,”pungkasnya.