Jelang Lebaran Tiket KA Ekonomi Tetap Menjadi Incaran

Reporter: Rahmat Septiawan | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – Memasuki awal bulan Ramadhan 1439 H, masyarakat di wilayah Palembang mulai merencanakan mudik lebaran, ini terlihat dari penjualan tiket KA Lebaran kelas ekonomi yang sudah mulai habis terjual.

Ka ekonomi baik relasi Kertapati – Tanjungkarang dan Kertapati – Lubuklinggau tetap menjadi pilihan masyarakat, karena pelayanannya yang bagus dan tarif nya murah. Untuk keberangkatan H-8 sampai H-  jurusan Kertapati-Tanjungkarang sudah habis terjual, begitu pula Kertapati-Lubuklinggau hingga H-4 sampai H-1 sudah ludes terjual, meski begitu PT KAI Divre III Palembang belum berencana menambah gerbong untuk penumpang mudik lebaran, masih melihat kesiapan sarana dan prasarana yang ada.

” Kita hanya menyisakan tiket eksekutif dan bisnis untuk tanggal tersebut” ujar Manager Humas PT KAI Divre III Palembang”, jelas Aida Suryanti.

Menurut Aida, selama masa angkutan lebaran 2018 ini PT KAI Divre III secara total menyiapkan 59.444 tempat duduk, dengan jumlah per hari sebanyak 2.702 tempat duduk untuk KA Komersial Sindang Marga relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP), KA Ekonomi Serelo relasi Kertapati – Lubuk Linggau (PP), KA Komersial Limeks Sriwijaya relasi Kertapati – Tanjung Karang, KA Ekonomi Rajabasa relasi Kertapati – Tanjungkarang. Pemesanan tiket 24 jam melalui aplikasi KAI Access,
website kai.id, contact center 121, gerai minimarket dan mobile apps yang dikelola oleh mitra yang telah bekerja sama dengan KAI. Untuk membantu masyarakat yang akan melakukan perjalanan selama masa angkutan Lebaran 2018 nanti, PT KAI Divre III menyiapkan Posko di stasiun-stasiun keberangkatan penumpang sehingga masyarakat yang menggunakan jasa kereta api dapat lebih terlayani dengan baik.

Lebih lanjut Aida menjelaskan, untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam
perjalanan KA, PT KAI Divre III menyiapkan AMUS (Alat Material Untuk Siaga) di sejumlah titik yang rawan akan bencana longsor / amblas dan banjir terutama menjelang arus mudik dan arus balik.

PT KAI Divre III Palembang juga menempatkan petugas tambahan pemeriksa jalan rel ekstra, dan petugas flying gang (regu terbang/siaga), dan untuk memberikan rasa nyaman dan aman dari titik awal stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan akhir penumpang, Polsuska, Security PT KAI.

“Selain itu kita sudah siapkan tenaga keamanan eksternal (TNI/Polri) selalu siaga untuk mengamankan dan memberikan rasa nyaman bagi  penumpang yang akan berlibur pada masa angkutan Lebaran 2018 dengan mengantisipasi setiap kemungkinan ancaman keamanan yang dapat mengganggu kenyamanan para pengguna jasa”, pungkas Aida.