Melirik Sejarah EXO,Ternyata Tak Lintasi Usia

Reporter: Amirul | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – EXO (엑소) adalah Boys band Korea Selatan-China yang dibentuk oleh S.M. Entertainment pada tahun 2011. Grup ini terdiri dari dua belas anggota yang terbagi menjadi dua sub-grup, EXO-K dan EXO-M, yang akan melakukan promosi secara bersamaan masing-masing di Korea Selatan dan Cina. Genre yang dibawakan oleh EXO adalah K-pop, Mandopop, Pop, Dance-pop, sebelumnya EXO dikenal sebagai ‘소년천지‘ (“Boy’s Heaven” atau “Land of Boys”). Nama EXO diambil dari nama planet baru yang diketahui keberadaannya pada 2009 dan berada diluar tata surya.

Awal Terbentuk EXO

Pada bulan Januari 2011, produser S.M. Entertainment, Lee Soo-man, mengumumkan rencananya untuk membentuk sebuah boy band baru pada bulan Maret atau April 2011. Dinamai M1 untuk sementara, grup ini tampak terdiri dari tujuh anggota saat foto mereka berlatih tari di sebuah studio bocor di dunia maya.

Padabulan Mei 2011, Lee berbicara tentang grup ini dalam sebuah seminar bisnis Hallyu yang diselenggarakan di Universitas Stanford. Dalam presentasinya, dia menjelaskan strateginya untuk membagi grup ini menjadi dua subgrup, M1 dan M2, dan membuat mereka mempromosikan musik yang sama di Korea dan China, menyanyikan lagu baik dalam bahasa Korea maupun Mandarin.

Lee Soo Man awalnya berencana untuk meluncurkan grup ini pada bulan Mei 2011, namun debut mereka ditunda dan berita mengenai grup ini tidak beredar lagi sampai Oktober 2011 saat Lee mendiskusikan konsep grup ini secara singkat dalam sebuah wawancara dengan The Chosun Ilbo.

Pada Desember 2011, grup ini memfinalkan nama mereka menjadi EXO, dengan EXO-K untuk nama subgrup di Korea dan EXO-M untuk subgrup di Cina.

EXO biasanya memanggil para penggemarnya dengan sebutan ‘EXO fans yorobun’ yang kurang lebih berarti ‘Semua Fans EXO’ atau ‘Fans EXO Sekalian’. Namun kini, mereka siap menggunakan panggilan baru yaitu EXO-L.

Hurup ‘L’ merupakan singkatan dari kata LOVE yang berarti EXO mencintai para penggemarnya. Tak hanya itu, dalam urutan abjad L merupakan huruf yang berada di antara K dan M (yang adalah sub-unit grup EXO) yang berarti fans akan selalu ada di antara EXO.

Manajemen berharap, dengan diluncurkannya nama Fandom ini bisa lebih menyatukan EXO dengan para fans. Sehingga motto ‘We Are One’ akan selalu ada di antara EXO dan fans.

EXO-L telah diluncurkan secara resmi lewat situs exo-l.smtown.com pada hari, Selasa (5/8/2014) lalu. Sudah ada aplikasi PC dan mobile yang bisa diunduh oleh fans dari seluruh dunia untuk berinteraksi dengan para member EXO dan mendapatkan konten eksklusif.

Selamat untuk para fans EXO yang sekarang sudah punya nama sendiri! EXO-L, We are one!

Cerita EXO-L Palembang

Oktaviani Ketua EXO-L Palembang menuturkan pada LamanQu.com berkata,”Sebenarnya akun instagram ini dibuat sejak tahun 2017 dengan nama @seluruhvideoexo, akun itu dibuat karena di galeri saya banyak video EXO yang ingin saya simpan dalam satu akun IG saja”.

Pada 01 Januari 2018 lalu, dia memutuskan mengganti nama menjadi @exolpalembang karena terinspirasi dari salah satu iklan dari @exolmalang.

” Jadi saya kefikiran untuk membuat akun untuk EXO-L yang berada di Palembang juga dengan harapan mengumpulkan EXO-L Palembang agar membuat project-project bersama untuk EXO”, tutur  gadis yang biasa dipanggil Okta ini.

Diakui Okta sebelum dia mengganti nama tentu saja dia sempat melirik kiri kanan, ya semacam research kecil sekedar memastikan apakah ada akun EXO-L Palembang, singkat cerita ternyata sudah ada namun sudah tidak aktif, walaupun usia nya sudah bertahun-tahun.

“Terbukti, lanjut Okta,”Dari kiriman di IG tersebut jumlah kurang dari 20 post saja lalu saya juga melakukan pencarian dengan #(hashtag) exolpalembang pada akun IG namun tidak menemukan kiriman khusus dari akun EXO-L Palembang.

Sehingga dia berinisiatif membangkitkan kembali EXO-L Palembang dengan membuat nama akun IG @exolpalembang dan akun ini juga telah bekerjasama mengadakan project bareng dengan 16 kota bahkan lebih se-Indonesia.

Ditanya mengenai jumlah anggota dan pola komunikasi antar fans EXO- L Palembang Okta mengungkapkan bahwa jumlah anggota di grup chat WA 160 orang, dan masih banyak DM di IG yang masuk ingin bergabung di grup chat, namun pembukaan hanya dua minggu sekali, itu pun tidak seluruhnya kita terimah, kita menyeleksi anggota yang masuk karena untuk saat ini kita hanya menerima EXO-L dan SM Stan saja

“Awalnya cuma beberapa orang saja, LamanQu.com saksinya waktu itu karena meliput gathering pertama kami. Dan akhirnya bisa sebanyak ini mungkin di karenakan fans EXO di Palembang bertambah banyak dan IG @exolpalembang juga aktif melakukan project – project untuk EXO”, kenang Okta.

“Selain berkomunikasi melalui grup chat WA dan kehadiran project – project, kami juga mengadakan meetup seperti nonton film dan nongkrong bareng”.

Kebersamaan EXOL Palembang Saat Project Amal di Monpera

Kemudian pentolan  EXO-L Palembang ini menuturkan tentang upaya merekatkan tali persahabatan terhadap sesama anggota.

“Kedepannya kami akan membuat baju dan member card khusus dari @exolpalembang untuk menguatkan solidaritas kami dan tentunya membuat aktif project – project bervariasi untuk merayakan ulang tahun member EXO, Anniversary EXO dan EXO-L”.

Dijelaskan nya bahwa untuk kegiatan amal dana tersebut dari donasi dan HTM peserta, namun untuk kegiatan non amal dana tersebut murni dari HTM peserta.

Ditanya mengenai usia yang tergabung dalam EXO-L yang dia ketuai kata nya kebanyakan ada anak yang masih sekolah SD. ” Ya bisa  dikatakan disini lintas usia dari level pendidikan SD hingga kuliah, kerja bahkan ada beberapa yang sedang Ko-As atau praktek kuliah Fakutas Kedokteran”.

Gathering pertama merayakan lahirnya EXO-L Palembang dan kemarin adalah kegiatan amal merayakan ultah Xiumin, Sehun dan Anniversary EXO.
Sebentar lagi kami akan mengadakan buka bersama di Panti Asuhan untuk untuk ulang tahun member EXO yaitu Baekhyun dan Suho.

Begitu juga diungkap Dedes, salah satu anggota EXO-L Palembang, kata gadis 15 tahun ini dia mengenal EXO-L semenjak 2 tahun lalu. Dia menuturkan ketertarikan nya pada EXO karena gadis manis ini menyukai dance yang beriringan dengan hentakan musik terpadu sangat apik, derap kompak dari 12 anggota boysband ini ditambah sedikit meliuk energik dari wajah wajah tampan made in Korea.

“Ya terutama Si Kai”, Kai EXO”, kata Dedes.

Dedes akui, “Okta lah yang menyatukan kami kami ini”.

Ditanya selain kumpul buat kegiatan amal apalagi yang biasa dilakukan fans EXO jika sendiri sendiri dia menuturkan bahwa biasa nya para anggota melakukan hunting trendy pernik dan symbol EXO, semisal, Kaos, Topi, Kalung, gelang dan lain sebagai nya.

“ Soal belajar tetap normal aja kok, uang jajan disisikan se sekali buat nabung, bilah terkumpul bisa belanja harga yang bisa terjangkau”, aku Dedes.

Dedes Anggota EXOL Palembang

Ketika ditanya dari mana saja mereka berasal ungkap Dedes meraka tersebar di Sumsel ini ada yang dari Ogan Ilir, Sekayu, OKI dan lain lain. Semua mereka rata rata anak cewek, ya karena EXO itu Boysband.

Pada bulan Mei ini tepat nya di bulan puasa agenda mereka akan melakukkan kegiatan amal lagi di Panti Asuhan, berupa ‘Buka Bareng Anak Panti’. Acara tersebut bersamaan dengan Ulang Tahun anggota EXO Baekhiun jatuh pada tanggal 6 Mei dan Suho 22 Mei.

“Monggoh tunggu aksi kami selanjut nya, Yo”, Aksi kamu mana,,?” tantang Dedes.