Meningkatkan Mutu Profesi, IKANAS Palembang Gelar Seminar

Reporter: Fandi | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – Melihat Keberadaan laboratorium klinis yang yang sepantasnya bisa menjamin mutu hasil pengujian serta sangat dibutuhkan untuk menunjang diagnosa medis. Maka setiap laboratorium seharus nya memberikan pelayanan yang bermutu pula. Itu semua tak terlepas dari kemampuan pengetahuan tenaga ahli laboratoruim nya yang hendak nya selalu diupdate, begitu diungkap Bayu Suwito Ali, Amd Ak, ketua Panitia Pelaksana, pada pembukaan Seminar Ikatan Ahli Analisa Kesehatan Poltekes, Kemenkes Palembang, Sabtu, 5 April 2018 di Aula, RS Mata Provinsi Sumatera Selatan.

Bayu Suwito Ali, Amd Ak, ketua Panitia Pelaksana saat memberikan sambutannya

Acara yang dihadiri 300 peserta yang merupakan Alumni Poltekes dari semua angkatan ini, diikuti juga peserta dari se-Sumbagsel, Bangka, Maluku dan Jogja.

Di sela  acara Bayu menerangkan pada LamanQu.com mengenai jalan nya acara. Dia menyampaikan apresiasi ke semua pihak yang telah terlibat dan mendukung acara seminar ini yang pada kali pertama ini mengambil tema  “Good laboratory practice to improve quality of clinical laboratory”.

“ Alhamdullilah acara ini akhir nya terlaksana dan mencapai sesuai dengan target 300 peserta dari semua angkatan,” jelas Bayu.

Suasana Seminar

Ditanya mengenai latar belakang acara ini Bayu, yang merupakan sehari hari nya adalah salah satu tenaga Ahli Laboratorium di RSMH ini menjelaskan bahwa kebanyakan Ahli Analisa Kesehatan Kita belum mengetahui jalur pengeluaran limbah darah di rumah rumah sakit.

“Soal nya pengolahan limbah itu sering dilakukan oleh pihak ketiga, dengan adanya acara ini, salah satu manfaat bagi peserta adalah mengetahui Standard Operational Procedure (SOP) pengolahan limbah darah yang baik dan benar itu seperti apa”, jelas Bayu.

Dia melanjutkan, “Manfaat seminar ini juga memberikan pengetahuan tentang Quality control dalam pemeriksaan dan penelusuran kesalahan kerja yang  bisa ditelusuri tahap per tahap. “Ya  mulai dari tahap pra analytic, tahap analitik hingga paska analitik”.

Mengingat profesi Ahli Analisa kesehatan ini kebanyakan terintegarasi dengan jam kerja rumah sakit dan klinik ditambah lagi mereka sudah tersebaar dimana mana maka para anggota Ikanas dan Patelki  dapat melihat live streaming nya di facebook dan instagram

“Kami tetap berusaha menjalin dan memfacilitasi acara ini bagi semua anggota Ikanas dan Patelki yang berhalangan hadir pada acara ini, monggoh persilahkan untuk melihat live streaming nya di facebook dan iinstagram grup”, pungkas Bayu.

Zulfahmi Eko Saputra, Amd. Ak, SKM, Ketua Ikanas Palembang diselah acara mengatakan kesan dan apresiasi nya kepada Panitia sehingga acara pada hari ini dapat antusias luar biasa dari para Alumni.

Acara yang baru pertama kali dilaksanakan ini menghadirkan 3 Orang Pembicara dengan materi yaitu  Quality control dan Penelusuran Kesalahan Kerja disampaikan dr. Kemas Yakub. Sp.PK, Manajemen Mutu disampaikan oleh Meiliza Indriani, SKM dan Manajemen Pengolahan Limbah disampaikan oleh Joko Miharto, AMAK, SKM,. M.Kes

Dengan mengambil tema acara “Good laboratory practice to improve quality of clinical laboratory”, diawali dengan pemukulan gong oleh Meiliza Indriani, SKM yang mewakili pihak akademik.

Diselah pidato pembukaan Meiliza Indriani menyampaikan salam dan appresiasi dari ketua jurusan.  Kata dia, atas bantuan Ikanas juga Jurusan nya telah memperoleh predikat Akreditasi ‘A’.

“Saya beri aprisiasi yang setinggi tinggi nya bantuan  dan kerja keras Ketua Panitia dan  Ikanas Palembang atas terlaksana nya acara ini, semogah ini menjadi ajang silahturahmi bagi seluruh alumni yang tersebar kemana mana”, jelas Meiliza.

Lebih lanjut dia mangatakan, “selain meningkatkan mutu profesi Ahli Analisa Kesehatan yang tergabung dalam Patelki Sumsel, semoga acara seperti ini tetap teragenda untuk menyambung hubungan antar alumni yang terberai berai bisa terhubung kembali”.

Yunita  Sari, salah seorang peserta mengatakan, “Saya sangat senang sekali mengikuti acara seminar ini, walaupun acara ini baru pertama kali tapi tema nya sangat menarik dan sangat berguna ketika masuk dunia kerja”.

Dia mengharapkan bahwa Patelki akan selalu terus jaya dan Ikanas diharapkan akan selalu terus mengadakan seminar semacama ini kedepannya.

“Jadi kita saya pribadi bertambah wawasan dan pengetahuan , mengupdate kemampuan dan akan terus menjalin silahturahmi antar alumni”, ungkap Yunita.

Joko Miharto, ketua Dewan Pembina Wilayah Patelki Sumsel, membeberkan kesan nya bahwa acara yang digelar Ikanas ini sangat bagus sekali , disamping ajang silahturahmi alumni, juga bisa sebagai kegiatan peningkatan mutu pengetahuan dan profesi.

“Karena pengatuan itu harus ditingkatkan, direfresh dan dikuatkan. Jika tidak alumni akan seperti  katak dibawah tempurung”, tegas Joko.

Lebih lanjut Joko Miharto menjelaskan bahwa sebagai salah satu pembicara (keynote speaker) di seminar ini mengatakan para peserta ini merupakan tergabung dalam Ikanas yang harus bersertifikat SKP profesi.

“Karena para alumni ini anggota Patelki (Persatuan Ahli Tehknolgi Laboratorium Medik Indonesia) dan harus mendapatkan Resertifikasi atau perpanjangan SDR, mereka harus mengikuti seminar seminar semacam ini dan workshop, sehingga ilmu nya  itu terupdate”, jelas Joko.

“Saya mengharapkan agar semua anggota Patelki Sumsel yang notabene adalah alumni Poltekes wajib untuk mengikuti agar tetap  meng-update ilmu pengatuan nya”, tutup Joko Miharto.