Hardiknas, Disdik Palembang Launching Gernas Baku dan Lomba Anak Paud

Reporter: Rahmat Septiawan | Editor: Arjeli SS

Palembang, LamanQu.com – Jum’at, 4 Mei 2018, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Palembang mengadakan kegiatan di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kota dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional yang bertepatan dengan Rabu, 2 Mei kemarin.

Kegiatan yang dimulai sejak pagi hari pukul 9.00 WIB ini, telah mengundang antusias ribuan anak-anak maupun orang tua wali untuk turut andil dalam meramaikan acara ini, pasalnya pada acara yang diadakan satu tahun sekali ini menampilkan beragam lomba fashion show anak, lomba mewarnai bazzar dan masih banyak kegiatan lainnya.

Bertemakan “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”, acara Yang digelar Disdik kota Palembang ini dihadiri 2500 anak-anak Paud se-kota Palembang, yang ikut memeriahkan pagelaran Fashion show dan Lomba mewarnai.

“Dengan Memperingati Hari Pendidikan Nasional, kita sukseskan Gerakan Nasional Orang Tua Membacakan Buku (Gernas Baku) dan Asian Games XVII”. begitu yang tertera di banner pada kegiatan kali ini, mengenai hal ini Kabid PAUD dan Diknas Hj. Ismi Mulyati, S.Pd. MM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan sarana untuk mempererat hubungan anak dengan orang tua murid dan untuk meningkatkan pengetahuan motorik anak.

Sedangkan Kadisdik Kota Palembang H. Ahmad Zulianto, S.pd. MM mengatakan, “kegiatan Launching Gernas baku dalam rangkaian Hardiknas adalah satu gerakan yang mewajibkan orang tua untuk menyempatkan waktu pada anak-anaknya, agar bisa memberikan ilmu yang bermanfaat karena usia 0 sampai 6 tahun adalah usia yang rentan dan usia yang bisa menerima pengetahuan dalam membentuk karakter anak,” kata dia.

KADISDIK Kota Palembang H. Ahmad Zulianto, S.pd. MM saat diwawancai awak media

Kepala Bidang Paud Sumsel Dadang Sudarman, menjelaskan bahwa tujuan digelarnya kegiatan ini ialah selain membiasakan dan menumbuhkan minat membaca buku sejak dini, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat hubungan emosional antara anak dan orang tua, tutup dadang.

Jika Disdik Kota memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada Jum’at, 4 Mei 2018. Lain halnya dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Selatan yang akan memperingati Hardiknas besok Sabtu, 5 Mei 2018.

Ketua Himpaudi Kota Palembang, Hj. Etty Yuniarti, S.E., MM. Mengaku, jika kegiatan Disdik Kota dan Disdik Provinsi diadakan secara bersamaan, maka akan menuai kontroversi jadi kegiatan Kota dan Provinsi dilaksanakan secara terpisah.

“Inikan Launching Gekaran Nasional Orang Tua Membacakan Buku (GERNAS BAKU) yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota, kalau besok untuk Provinsi, Kalau di laksanakan secara bersamaan yang adonyo bakal bebala,” canda Bu Etty Sebagai penutup.