Ir H Hanan Zulkarnain : Berkarya Untuk Dusun Laman

Reporter: fandi | Editor: Syamsul Fajri Al-Sajisi

Palembang, LamanQu.com – Gelumbang yang merupakan nama sebuah desa di Kabupaten Muara Enim, berada sekitar 70 km sebelah selatan dari kota Palembang. Penduduknya bermata pencaharian sebagian besar sebagai petani , pedagang dan penangkap ikan.

Gelumbang awalnya adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Muaraenim, Sumatra Selatan yang memiliki luas -658.5 km memiliki 21 desa, satu kelurahan, dan penduduk sejumlah lebih kurang 56.128 jiwa.

Kini melalui proses panjang, Daerah persiapan otonom baru yaitu Kabupaten Gelumbang telah mendapat persetujuan langsung dari Gubernur Sumatera Selatan Alex noerdin bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Hal tersebut tertuang pada Rapat Paripurna XL DPRD Provinsi Sumsel dengan agenda Persetujuan Pemekaran Kabupaten Gelumbang Jumat (9/2/18).

Kabag Otonomi Daerah Biro Pemerintahan dan Otda Provinsi Sumsel Andrian, S. STP., Msi telah menyerahan surat dengan nomor 135/0392/I/2018 perihal persyaratan pemekaran Kabupaten Gelumbang ke Mendagri ini dilakukan pada Selasa (27/2/18).

Di Mendagri RI penyerahan surat tersebut diterima langsung oleh Direktur Penataan Daerah Otonomi Khusus dan Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah DR. Drs. Yusharto H, M. Pd yang didampingi Kasubdit Wilayah 1 Sumatera Jonggi Tambunan dan Kasi Wilayah 1 Sumatera, Ngurah.

“Selanjutnya, pihak Kemendagri RI akan melakukan kajian terkait usulan pemekaran ini dengan pihak terkait”, kata Yusharto singkat.

Menurut Ketua Dewan Penasihat Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) Ir H Hanan Zulkarnain, MT mengatakan perkembangannya saat ini “Masih proses persetujuan Pemerintah Pusat,”

Hanan menjelaskan apa yang saat ini yang dikerjanya untuk gelumbang, berkarya untuk dusun laman!

Nurhasana (21) warga Desa Sukajaya Kec.Gelumbang mengatakan, sebagai wong Gelumbang seneng mendengar berita kemajuan daerahnya, berarti Pemerintah mau memperjuangkan Gelumbang sebagai Kabupaten.

Nur menambahkan meskipun sebenarnya pemasukan dari Gelumbang cuma kebon karet,  “kami berharap pemekaran nanti akan meningkatkan perekonomian kami disini dan banyak membuka lapangan pekerjaan bagi kami warga asli gelumbang,” ujar nur saat diwawancarai.