Muba Luncurkan Kampung Kelola Sampah Darussalam

Foto-foto Dok./LamanQu.com.

 

Reporter: Nediyanto ¦ Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Sekayu (Muba), LamanQu.com — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Musi Banyuasin Drs. H. Apriyadi, M.Si me-launching Kampung Kelola Sampah Darussalam, di Kelurahan Serasan Jaya, Kecamatan Sekayu, Jumat (09-03-2018).

Sekda berharap ke depan Kampung Kelola Sampah Darussalam dapat menjadi contoh di Kabupaten Muba, terutama dalam pengelolaan sampah rumah tangga, untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan bersih.

“Semoga ke depan akan muncul kampung-kampung Darussalam lainnya,” ujar Sekda seraya menambahkan, jika dikelola dengan baik sampah organik dan anorganik dapat memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat.

“Perlu kita lakukan pembinaan-pembinaan karena pada dasarnya jika sampah kita kelola dengan benar dapat memberikan manfaat ekonomis bagi masyarakat,” tambah Sekda.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Lingkungan Hidup Muba Andi Wijaya Busro, S.H, M.Hum dalam laporannya mengemukakan, Kampung Kelola Sampah itu akan difasilitasi serta diberikan pembinaan terkait pengelolaan sampah organik dijadikan pupuk kompos. Sampah anorganik akan dikumpulkan di bank sampah untuk kemudan dijual ke bank sampah induk.

“Kampung kelola sampah ini sudah kita laporkan ke Kementrian Lingkungan Hidup RI dan akan terus kita awasi sehingga kegiatan ini dapat berjalan sebagaimana mestinya,” ungkap Andi.

Andi menambahkan pada kampung tersebut sudah dibentuk kader lingkungan untuk menjadi pioner peduli sampah dan penggerak bagi masyarakat sekitarnya.