Palembang, Kota Pertama di Asia Tenggara Miliki Mesin Bowling AMF

Palembang adalah kota pertama di Indonesia yang memiliki Venue bowling dilengkapi mesin bowling jenis AMF [Foto-foto Dok./LamanQu.com].

 

Reporter: Ahmad Syahid Al-Palimbani

Editor: S. Fajri Al-Sajidi

Palembang, LamanQu.com – Sebagaii tuan rumah Asian Games 2018, Palembang telah mempersiapkan beragam fasilitas penunjang. Antara lain, fasilitas venue bowling  menggunakan mesin bowling langka di dunia, merk AMF.

Venue bowling di kawasan Jakabaring Sport City (JSC) Palembang sudah dilengkapi mesin bowling jenis AMF ini. Mesin AMF terbilang langka karena saat ini dimiliki hanya oleh tiga negara, yaitu Azerbaijan, Dubai, dan Indonesia. Palembang adalah kota pertama di Asia Tenggara yang memiliki mesin langka ini.

Gubernur Sumatra Selatan Ir. H. Alex Noerdin, S.H mengatakan, “Olahraga bowling sudah menjadi rutinitas masyarakat Sumsel sejak tahun 1930, tepatnya di kawasan Plaju Palembang.” Fasilitas lain di venue bowling akan segera selesai sebelum Asian Games 2018, yaitu lokasi parkir kantin yang akan dibentuk seperti kafe.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mencoba fasilitas venue bowling di JSC jelang Asian Games 2018.

“Sekarang kita punya venue dengan 40 lane dan mesin AMF yang hanya dimiliki oleh tiga negara saja. Fasilitas lainnya juga sudah bertaraf internasional,” tutur Alex Noerdin kepada LamanQu.com, Senin (05-03-2018)

Pembangunan venue bowling seluas 3.600 meter persegi tidak menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumsel atau pun Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

Venue ini merupakan sumbangan dari perusahaan Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas dan menghabiskan dana sejumlah Rp 27 miliar. APP Sinar Mas menjadi produsen terbesar kertas Sinar Dunia (Sidu) dan tisu Paseo ikut andil sebagai official product dan sponsor resmi Asian Games 2018.

Kepada LamanQu.com, atlet bowling asal Sumatra Utara (Sumut) Aldila Indryati (23 tahun) mengatakan, “Sangat terbantu dengan adanya venue bowling 40 lane. Apalagi ada mesin AMF, mesin terbaru, dan sangat bagus untuk mendukung ajang di Asian Games 2018 nantinya.”

Atlet Bowling Asal Sumatera Utara, Aldila Indryati saat melakukan test bowling di Jakabaring Sport City, Senin (05-03-2018).

Menurut Aldila Indryati, “Fasilitas bowling sudah bagus semua. Saya harapkan setelah Asian Games, ada beberapa event Bowling internasional lain di Palembang. Karena venue-nya memang sangat bagus.”

Gubernur Sumsel Alex Noerdin menambahkan, “Semoga dengan keberadaan mesin AMF ini semakin memantapkan olahraga bowling lebih menonjol di Palembang.” []