SFC Menjuarai PGK 2018 setelah Tekuk Arema FC 3-2

[Foto-foto Dok./LamanQu.com].

 

Reporter: Nediyanto

Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Samarinda, LamanQu.com – Pertandingan final Piala Gubernur Kaltim (PGK) 2018 mempertemukan Sriwijaya FC (SFC) vs Arema FC di Stadion Palaran, Samarinda, Minggu (04-03-2018) berakhir dengan skor 3-2. Tiga gol Sriwijaya FC dicetak Novan Setya Sasongko, Alberto Goncalves, dan Hamka Hamzah. Sementara itu dua gol Arema FC lahir lewat tendangan Balsa Bozovic dan Thiago Furtuoso.

SFC langsung memimpin saat laga belum genap 10 menit berlangsung. Melihat posisi tanggung kiper Arema FC Kartika Ajie, dari sayap kiri Novan Setya Sasongko melepaskan tendangan spekulasi ke tiang jauh. Bola meluncur ke pojok kanan atas gawang dan mengubah skor menjadi 1-0.

Semenit kemudian, Laskar Wong Kito bahkan nyaris menggandakan keunggulan. Umpan silang kiriman Manu Dzhalilov dari sayap kanan disambar Alberto Goncalves yang berdiri bebas di sektor kiri kotak penalti. Sayangnya, bola hail sepakan pemain yang akrab disapa Beto itu sekadar menyamping dari gawang.

Arema FC yang tak ingin begitu saja melepas peluang juara berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-23. Eksekusi tendangan bebas Balsa Bozovic tepat di depan kotak penalti mengarah ke sudut kanan atas gawang. Kiper Teja Paku Alam yang sudah terlanjur mati langkah tak mampu bereaksi. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Dua menit kemudian, Sriwijaya FC langsung berusaha menekan balik. Memanfaatkan sebuah bola muntah Makan Konate melepaskan tendangan tepat dari depan kotak penalti lawan. Bola hasil sepakan eks punggawa Persib itu melambung kelewat tinggi di atas gawang. Gol tambahan urung tercipta.

Tekanan SFC berlanjut. Giliran Adam Alis yang melepaskan tendangan spekulasi berbahaya, namun bola hanya menyamping di kanan gawang.

Laskar Wong Kito berhasil memimpin kembali pada menit ke-44. Memanfaatkan umpan terobosan Manu Dzhalilov, Alberto Goncalves melakukan sekali kontrol dan menggetarkan gawang Arema FC lewat sebuah sepakan keras. Skor 2-1.

Gol pemain yang akrab disapa Beto itu sekaligus menjadi yang terakhir di sepanjang 45 menit pertama. Skor 2-1 bertahan hingga turun minum.

Pada babak kedua, SFC tak menunjukkan tanda-tanda mengurangi dominasi. Hasilnya, pada menit ke-49 Laskar Wong Kito menambah jarak keunggulan berkat gol Hamka Hamzah. Umpan sepak pojok Syahrian Abimanyu dituntaskan Hamka dengan sundulan akurat. Bola tak kuasa dibendung pemain dan kiper lawan, skor pun berubah menjadi 3-1.

Arema FC merespons pada menit ke-62. Balsa Bozovic hampir mencetak gol kedua dengan kaki kirinya, namun laju bola hasil sepakan Balsa dapat dihentikan Kartika Ajie.

Serangan balasan SFC pada menit ke-69 hampir menghasilkan gol tambahan. Bola hasil sepakan keras Beto dari sektor kiri kotak penalti melewati Kartika Ajie, namun hanya membentur tiang gawang.

Arema FC tak ketinggalan mengancam lagi. Aksi individu Thiago Furtuoso dipungkasi dengan tendangan keras dan akurat, namun bola dapat diamankan Teja Paku Alam.

Singo Edan akhirnya sukses memperkecil ketertinggalan pada menit ke-81. Eksekusi tendangan penalti Thiago Furtuoso meluncur tajam ke sisi kiri gawang dan menjadikan skor 3-2. Penalti sendiri diberikan lantaran Hamka Hamzah melakukan pelanggaran setelah menjatuhkan Rivaldi Bawuo di kotak terlarang.

Meski mampu mencetak gol kedua, Arema FC gagal mengejar SFC. Skor tetap 3-2 hingga laga usai. []