Sekda Palembang Ancam Robohkan Bangunan Penyebab Banjir

Banjir di kawasan Rumah Sakit Mohammad Husien (RSMH) saat hujan deras melanda [Foto Dok. LamanQu.com].

 

Reporter: Ahmad Syahid Al-Palimbani ¦ Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Palembang, LamanQu.com — Untuk mengatasi banjir di Palembang, tahun ini Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang akan membangun dan memperbaiki drainase serta memasang box culvert. Perbaikan, pembangunan drainase, dan pemasangan box culvert akan dilakukan di 18 kecamatan di Palembang. Proyek perbaikan dan pembangunan ini memerlukan lahan dan dana untuk pembebasan lahan.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Bastari Yusak.

Kepala Dinas PUPR Kota Palembang Bastari Yusak mengatakan, “Di kawasan Jakabaring akan dilakukan pembangunan drainase baru, sedangkan untuk perbaikannya akan tetap di lakukan. Sekarang ini perencanaannya sudah final, di bulan April atau Mei sudah pengerjaan fisik. Untuk pembangunan ini menggunakan dana APBD murni.”

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustofa.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palembang Harobin Mustofa akan menindak tegas bangunan yang menyalahi aturan, sehingga menyebabkan banjir. Harobin Mustofa mengatakan, “Anggaran Pemkot Palembang untuk menangani banjir cukup besar, namun akan percuma jika tidak ada kesadaran dari masyarakat untuk mendukungnya.”

Menurut dia, ada beberapa jembatan di atas aliran air yang menyebabkan banjir. Karena itu, Pemkot Palembang akan membongkar semua, terutama yang tidak berizin.♦