Pansus IV DPRD Muba: Dinkominfo Belum Optimal Menyampaikan Informasi Publik

 

Reporter: Nediyanto | Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Palembang, LamanQu.com – Panitia Khusus (Pansus) IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) mengharapkan kinerja Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Muba lebih optimal dalam menyampaikan informasi publik. Koordinator Pansus IV DPRD Muba, Edi Hariyanto mengemukakan hal itu dalam kunjungan kerja ke Kantor Dinkominfo Kota Palembang, Kamis (01-03-2018.

Karena itu kami berkunjung ke Dinkominfo Kota Palembang untuk sharing program dalam rangka peningkatan kualitas layanan publik yang nantinya menjadi bahan evaluasi atas LKPJ Bupati Muba,” ujar Edi yang menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Muba dari Fraksi Gerindra. Sedangkan, Ketua Pansus IV DPRD Muba Iwan Aldes menyatakan akan mendorong penguatan anggaran di bidang komunikasi dan informatika melalui Komisi IV DPRD. “Dinkominfo Muba dapat mencontoh Dinkominfo Palembang dalam hal penyusunan program dan anggaran,” kata Iwan.

Sehingga ke depan tidak lagi ada kendala dalam melaksanakan pelayanan informasi publik. Disamping itu, ucap Iwan yang merupakan kader PKS, “Saya menekankan untuk mengoptimalkan fungsi Muba TV dan Radio Gema Randik, sehingga Dinkominfo Muba dapat lebih maju ke depan.”

Sementara itu, Kepala Dinkominfo Palembang M. Yanurpan Yani mengatakan, kemajuan IT menuntut Dinkominfo harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman sehingga dibutuhkan SDM dan fasilitas yang memadai. “Agar Dinas Kominfo dapat bekerja optimal diperlukan adanya penguatan anggaran, karena untuk memenuhi SDM dan peralatan IT dibutuhkan dana yang tidak kecil.”

“Kami bersyukur dengan adanya dukungan baik dari eksekutif maupun legislatif, maka kami dapat memenuhi kebutuhan itu”, ujar Yanurpan yang berhasil membawa media centre Kota Palembang masuk 10 besar nasional.

Menanggapi kritik Pansus IV DPRD Muba, Pelaksana Tugas Kepala Dinkominfo Muba Dicky Meiriando didampingi Kepala Seksi Pelayanan Informasi Publik Tri Nurhayani mengatakan, akan melaksanakan apa yang menjadi stressing Dinkominfo Muba. “Kami sadar masih kekurangan SDM dan fasilitas yang memadai dalam memberikan layanan informasi publik. Maka akan kami benahi hal itu. Tentu kami berterima kasih atas stressing dan ajakan Pansus IV DPRD Muba untuk sharing program ke Dinkominfo Kota Palembang. Dan kami pandang ini merupakan bentuk dukungan legislatif terhadap Dinkominfo agar dapat bekerja lebih baik ke depan dalam melayani masyarakat,” pungkas Dicky.♦