Gubernur Sumsel Sahkan Gelumbang Jadi Kabupaten

Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda.

 

Reporter: Rahmat Septiawan Kemal

Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin berpose bersama para Kepala Desa se-Gelumbang.

Palembang, LamanQu.com – Gelumbang awalnya adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Muaraenim, Sumatra Selatan. Gelumbang memiliki 21 desa; satu kelurahan, dan penduduk sejumlah lebih kurang 56.128 jiwa.

Setelah berjuang lebih lima tahun, akhirnya Gelumbang, pada 9 Febuari 2018 pada tingkat provinsi secara resmi menjadi Kabupaten Gelumbang. Pengesahan Gelumbang menjadi kabupaten dilakukan oleh Gubernur Sumatra Selatan H. Alex Noerdin disaksikan oleh para anggota DPRD Sumsel dan DPRD Palembang, di kantor DPRD Sumsel, dan dihadiri oleh lebih kurang 1500 masyarakat.

Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas mengatakan, “Setelah di provinsi selesai dilanjutkan ke Kementerian Dalam Negri dan akan dilakukan kajian-kajian ulang dan mempersiapkan apakah Kabupaten Gelumbang layak menjadi kabupaten.”

Gubernur Sumsel H. Alex Noerdin dan Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas.

“Karena ini ada moratorium, kita akan menunggu hasil moratorium Menteri Dalam Negeri. Nah, setelah ini bagaimana hasil kajian dari Departemen Dalam Negeri agar skor Kabupaten Gelumbang ini lebih baik sehingga menjadi prioritas utama moratorium itu dicabut. Inilah PR (pekerjaan rumah; red) yang harus kita lakukan agar skor pemekaran dan persiapan Kabupaten Gelumbang posisinya cukup tinggi sehingga itu menjadi alasan yang memperkuat ketika moratorium itu dicabut oleh Pemerintah Pusat. Ini langsung bisa jadi Undang-Undang. Setelah itu bisa jadi persiapan Kabupaten/Kota,” jelas Giri.

Dengan ada pengesahan ini masyarakat di calon Kabupaten Gelumbang merasa bersyukur dan sangat gembira, sebagaimana pernyataan Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Gelumbang Ir. H. Hanan Zulkarnain, Mtp mewakili seluruh masyarakat Gelumbang.

Ketua Presidium Pembentukan Kabupaten Gelumbang Ir. H. Hanan Zulkarnain bersama anggota Presideum Pembentukan Kabupaten Gelumbang.

“Alhamdulillah, mewakili warga masyarakat calon Kabupaten Gelumbang kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Sumatra Selatan, Bapak Gubernur, Ketua DPRD yang telah menandatangani persetujuan pemekaran Kabupaten Gelumbang.”

Hanan zulkarnain menambahkan, “Untuk ke Pemerintah Pusat, baik ke Departemen Dalam Negeri, DPR RI,  DPD RI, maupun Presiden, Bapak Gubernur menyatakan dengan tegas akan tetap mengawal prosesnya lebih lanjut.”♦