Tutik Astuti Pemilik AKBAR CELL:

Tips Singkat Memulai Usaha Konter

Reprter: Afandi Mulya Kesuma/LamanQu | 18 Januari 2018

Editor: Syamsul Fajri Al-Sajidi

Konter AKBAR CELL berlokasi di Jl. M.P. Mangkunegara, Palembang.

Palembang, LamanQu — Seiring dengan peningkatan pengguna telekomonikasi melalui kartu prabayar “pulsa dan kuota internet”, terbuka peluang usaha yang kini sudah dilakoni oleh banyak orang. Peluang usaha itu oleh masyarakat lazim disebut konter.

Usaha konter kini banyak ditemui di Indonesia, khususnya dipalembang. Usaha ini biasanya menjual berbagai macam produk, seperti pulsa, kuota internet, aksesoris ponsel (hp), dan hingga jasa reparasi hp.

Untuk mengawali usaha ini memang memerlukan modal yang cukup besar karena harus memiliki bangunan sendiri atau menyewa ruko sebagai tempat usaha. Modal awal usaha konter bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi finansial.

Tutik Astuti, salah seorang pelaku usaha konter hp dan owner (pemilik) konter AKBAR CELL berlokasi di Jl. M.P. Mangkunegara, Palembang. Tutik menceritakan, dahulu ia adalah karyawan yang telah bekerja di berbagai perusahaan di Indonesia. Sejak memutuskan memundurkan diri dari tempat kerja, lalu ia membulatkan tekad membuka usaha konter yang dibangun dari modal relatif terbatas.

Sekarang usahanya telah berjalan lima tahun. Berawal dari satu karyawan, yaitu Tati kini telah mempekerjakan delapan orang karyawan dengan omset per hari Rp 10-15 juta perhari. Omset itu antara lain dari penjualan pulsa, kartu perdana, kuota internet, dan aksesoris hp dengan laba bersih 15{00f7526d3488a34cb5c1a8fa9b3f9e1326391823bebf127f9714ff3dfefc767d} dari omset.

Tutik membagikan tips singkat memulai usaha konter:

  1. Pilihlaah lokasi strategis
  2. Produk harus lengkap
  3. Kosistensi dalam waktu buka toko
  4. Memberikan pelayan baik

Beliau menambahkan tidak ada usaha itu tanpa pengorbanan dan perjuangan yang gigih sebab semua membutuhkan proses.♦